Pesan Wapres Maruf Amin Lepas Jamaah Haji Kloter I Surabaya

Wapres KH Maruf Amin Melepas Kloter I Jemaah Haji Embarkasi Surabaya
Sumber :
  • VIVA/ Nur Faishal

VIVA – Wakil Presiden RI KH Maruf Amin dan Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa, melepas keberangkatan Calon Jamaah Haji (CJH) Embarkasi Surabaya, di Bandara Internasional Juanda Surabaya di Sedati, Kabupaten Sidoarjo, pada Sabtu, 4 Juni 2022. 

Terpopuler: Ramalan Zodiak sampai Penjelasan Buya Yahya Soal Panggilan Pak Haji

Kepada jamaah, Wapres Maruf berpesan agar melaksanakan seluruh ritual ibadah haji dengan baik. Mantan Ketum MUI itu mengatakan, CJH yang berangkat tahun ini perlu bersyukur karena terpilih sebagai tamu Allah.

Sebab setelah dua tahun penyelenggaraan haji ditunda karena COVID-19. Karena itu ia berpesan, agar jamaah betul-betul menjaga kesehatan agar tetap prima saat melaksanakan seluruh rangkaian ibadah haji di Tanah Suci. 

Belum Haji Bolehkah Dipanggil Pak Haji? Begini Buya Yahya Menjelaskan

"Karena di sana cuacanya sangat panas," ujarnya. 

Wapres KH Maruf Amin Melepas Kloter I Jemaah Haji Embarkasi Surabaya

Photo :
  • VIVA/ Nur Faishal
Tak Banyak Masalah, Kemenag Nilai Proses Persiapan Haji Berjalan Baik

Selain soal kesehatan, syukur perlu dipanjatkan oleh para jamaah karena mereka bisa lebih dulu berangkat menunaikan ibadah haji ke Tanah Suci. Sebab, karena membludaknya pendaftar CJH, daftar tunggu pemberangkatan CJH saat ini sangat lama. Salah satu wujud bersyukur ialah dengan melaksanakan rangkaian ibadah haji dengan sungguh-sungguh. 

"Jalankan ibadah haji dengan baik," pesan Ma'ruf. 

Dia tak lupa mendoakan seluruh CJH RI agar pulang ke Indonesia dengan menyandang predikat mabrur. Ia juga mendoakan seluruh petugas haji dilindungi dan diberi kesehatan oleh Allah SWT. 

"Saya harap jamaah haji kita bisa kembali ke Tanah Air dengan selamat, sehat, mendapatkan haji yang mabrur," doa wapres.

Salah seorang CJH, Supriadi Siswopranoto, mengaku senang bisa berangkat haji ke Tanah Suci tahun ini. Ia terharu karena sudah lama mengimpikan itu. 
"Alhamdulillah, dalam dua tahun ini menunggu akhirnya perasaan lega setelah ada panggilan dari Kemenag," ujarnya. 

Untuk diketahui, CJH Kloter 1 Embarkasi Surabaya berasal dari Kabupaten Tuban dan Bojonegoro, Jawa Timur. Plus petugas haji, rombongan Kloter 1 ini membawa total 449 orang. Rinciannya, 197 orang jemaah laki-laki dan 246 orang jemaah perempuan. Rombongan dijadwalkan tiba di Bandara Pangeran Mohammad bin Abdul Aziz, Madinah, pada Minggu, 5 Juni 2022, sekira pukul 08.31 WIB. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya