Covid-19 Melandai, Vaksinasi di Papua Barat Tetap Digencarkan

Vaksinasi Covid-19 di Papua Barat
Sumber :
  • Istimewa

VIVA – Badan Intelijen Negara (BIN) Daerah Papua Barat (Pabar) kian gencar menggelar vaksinasi Covid-19 dalam usaha adaptasi masyarakat hidup di masa pandemi atau endemi Covid-19 dalam jangka panjang. Kegiatan vaksinasi Covid-19 digelar secara massal di seluruh kabupaten/kota Provinsi Kepala Burung Papua ini. 

Keuskupan Agung Jakarta Sebut Paus Fransiskus Akan Kunjungi Indonesia September 2024

Kepala BIN Daerah Papua Barat, Brigjen TNI V. S. Bayu Sasetyo mengungkapkan, temuan di lapangan menunjukkan kasus Covid-19 di Papua Barat semakin terkendali. Namun, pihaknya bersama instansi terkait tetap konsisten menggencarkan vaksinasi secara massal agar kekebalan komunal yang telah terbentuk semakin baik dan bertahan lama.

Pada pekan pertama Juni ini, BIN Daerah Papua Barat menggelar vaksinasi serentak di delapan wilayah, yaitu di Kabupaten dan Kota Sorong, Kabupaten Teluk Bintuni, Kabupaten Teluk Wondama, Kabupaten Manokwari, Kabupaten Fakfak, Kabupaten Raja Ampat dan Kabupaten Sorong Selatan.

Menkes: Implementasi Nyamuk Ber-Wolbachia untuk Tanggulangi Dengue Mulai Bergulir

“Dari hasil koordinasi dengan Dinas Kesehatan Provinsi Papua Barat kita sepakat, kasus Covid-19 memang semakin melandai namun ini juga menandakan bahwa Covid-19 masih ada. Oleh sebab itu, kita sepakat untuk terus konsisten menggelar vaksinasi Covid-19, agar kekebalan tubuh komunal semakin kuat dan bertahan lama sampai pandemi bahkan endemi benar-benar tertanggulangi,” kata Bayu dalam keterangannya, Selasa, 7 Juni 2022.

Berdasarkan data Kementerian Kesehatan per Senin, 6 Juni, capaian vaksinasi di Papua Barat tercatat, dosis pertama mencapai 63,51 persen dari target 797.402 warga, dosis kedua mencapai 45,80 persen, dan dosis ketiga atau booster mencapai 12,16 persen.

Kapten Vincent Kena Flu Singapura Sampai Bernanah: Lebih Sengsara dari COVID!

“Selain memberikan dosis primer, kita juga sudah melanjutkan ke dosis penguat atau dosis ketiga untuk masyarakat,” terangnya.

Baca juga: Ubah Pandemi Covid-19 Jadi Endemi, Ini yang Dilakukan BIN

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya