Ke Menlu Arab Saudi, Jokowi Sampikan Rencana Bangun Indonesian House

Presiden Jokowi Bertemu Menlu Arab Saudi Pangeran Faisal bin Farhan Alsaud
Sumber :
  • Lukas - Biro Pers Sekretariat Presiden

VIVA – Presiden Joko widodo menerima Menteri Luar Negeri Arab Saudi Pangeran Faisal bin Farhan Alsaud di Istana Merdeka Jakarta, Selasa 7 Juni 2022. 

Cegah Informasi Simpang Siur, Jemaah Haji Diimbau Tak Bagikan Kabar Tidak Benar di Media Sosial

Dalam kesempatan pertemuan keduanya itu, Presiden Jokowi mengutarakan mengenai keinginan Indonesia membangun Indonesian House di Mekkah, Arab Saudi.

Menteri Luar Negeri Retno Marsudi mengatakan, Presiden Jokowi memberikan perhatian khusus kepada umat Islam di Indonesia agar dapat melaksanakan ibadah haji dan umroh di Mekkah dengan aman, nyaman dan lancar.

Gibran Bantah Presiden Jokowi Gabung Golkar

Presiden Jokowi Bertemu Menlu Arab Saudi Pangeran Faisal bin Farhan Alsaud

Photo :
  • Lukas - Biro Pers Sekretariat Presiden

"Bapak Presiden menyampaikan bahwa Indonesia memiliki rencana untuk membangun Indonesian House di Mekkah. Ini adalah untuk memberikan dukungan yang lebih maksimal kepada para jemaah umroh dan haji Indonesia," kata Retno di Istana Kepresidenan, Jakarta, Selasa 7 Juni 2022.

Jokowi Beri Tugas Baru ke Luhut Urus Sumber Daya Air Nasional

Retno mengungkapkan, saat ini Indonesia mendapatkan kuota haji paling besar untuk tahun 2022. Jumlahnya mencapai lebih dari 100 ribu jamaah.

"Indonesia mendapatkan kuota terbesar lebih dari 100 ribu, tepatnya adalah 100.051 orang. Dengan membaiknya situasi pandemi, tentunya harapan kita semua umat Islam seluruh dunia adalah di masa mendatang kuota ini akan terus ditingkatkan," kata Retno.

Retno juga melaporkan, bahwa saat ini otoritas Arab Saudi telah mencabut larangan warganya untuk berkunjung ke Indonesia. Hal tersebut merupakan hasil dari pembicaraan yang sudah lama antara pihak Indonesia dengan pihak Arab Saudi, mencakup data-data mengenai kondisi COVID-19 di Indonesia yang terus mendapatkan apresiasi dari dunia.

"Jadi sekali lagi kita sambut baik keputusan otoritas Saudi untuk mencabut larangan warganya untuk berkunjung ke Indonesia yang kita harapkan akan berdampak pada pariwisata dan juga kunjungan-kunjungan bisnis," jelas Retno.
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya