Ganjar Bertemu Luhut, Kenaikan Harga Tiket Masuk Borobudur Ditunda

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo bertemu dengan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut B. Pandjaitan di rumah dinas Gubernur Jawa Tengah, Puri Gedeh, Semarang, Selasa, 7 Juni 2022.
Sumber :
  • tvOne/Teguh Joko Sutrisno

VIVA – Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo bertemu dengan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan di rumah dinas Gubernur Jawa Tengah, Puri Gedeh, Semarang, Selasa, 7 Juni 2022.

Mahfud MD Blak-blakan Soal Langkah Politik Berikutnya Usai Pilpres 2024

Ada beberapa hal yang dibahas, di antaranya tarif wisatawan untuk naik ke Candi Borobudur sebesar Rp750 ribu. Ganjar menyampaikan kepada Luhut bahwa banyak yang protes dengan kebijakan itu.

Ia pun mengusulkan untuk menundanya. Menurutnya, penetapan tarif naik ke stupa Candi Borobudur perlu dikaji lagi bersama Taman Wisata Candi (TWC) Borobudur dan Balai Konservasi Borobudur.

DPR Tolak Iuran Pariwisata Dibebankan ke Industri Penerbangan, Tiket Pesawat Bisa Makin Mahal

"Saya sampaikan kepada beliau, ini banyak yang protes, menurut saya, diendapkan, dan beliau setuju. Ini soal tarif, jangan dibicarakan dulu, di-postpone dulu, dan memang TWC (Taman Wisata Candi) sama Balai sedang komunikasi, maka masyarakat tidak perlu resah. Itu penting untuk disampaikan," kata Ganjar.

Sebuah mobil listrik menurunkan wisatawan yang berkunjung ke Candi Borobudur.

Photo :
  • ANTARA/Heru Suyitno
Ganjar Beri Sinyal PDIP di Luar Pemerintahan, Gerindra Tetap Ajak Bersama-sama

Penataan di kawasan Candi Borobudur memang masih terus dilakukan. Maka harus dicarikan skema-skema terbaik untuk mengatur wisatawan yang hendak naik ke candi, baik dengan pembatasan kuota maupun dengan instrumen lain seperti salah satunya penentuan tarif masuk.

Dalam beberapa hari terakhir muncul kabar tentang pernyataan Luhut tentang rencana menaikkan harga tiket masuk Candi Borobudur sebesar Rp750.000 untuk wisatawan lokal dan 100 dolar AS untuk wisatawan mancanegara. Salah satu alasannya untuk menjaga dan melestarikan Candi Borobudur.

"Memang setelah itu TWC pun menyampaikan akan ditindaklanjuti dengan Balai. Itu artinya butuh pranata regulasi, terus kemudian kelayakan dari tarif yang ada, mekanismenya, karena mereka yang akan mengeksekusi," kata Ganjar.

Ganjar sudah memberikan penjelasan tentang wacana yang beredar tersebut. Ia mengatakan bahwa rencana tarif Rp750.000 khusus untuk wisatawan lokal yang hendak naik ke bangunan atau stupa Candi Borobudur. Tiket masuk Candi Borobudur untuk wisatawan lokal dewasa sebesar Rp50.000.

Wisatawan yang membayar tiket masuk Rp50.000 hanya sampai di pelataran Candi Borobudur, tidak dapat naik ke area stupa. Sampai saat ini wisatawan memang belum diizinkan naik ke atas Candi Borobudur dan hanya dibolehkan sampai kawasan pelataran candi.

Dalam rencana itu, katanya, harga tiket untuk pelajar justru akan jauh lebih murah. Tiket pelajar yang sebelumnya Rp25.000 per orang akan turun menjadi Rp5.000 per orang.

Pengelola Candi Borobudur juga sudah bersuara atas rencana kenaikan harga tiket masuk kawasan Candi Borobudur. Berdasarkan pernyataan resmi yang dikeluarkan pengelola, tiket masuk kawasan Candi Borobudur belum berubah.

Berikut rincian harga tiket masuk sesuai keterangan pengelola dan juga yang tertera pada laman Borobudurpark.com. Tiket masuk kawasan Candi Borobudur untuk wisatawan domestik atau lokal dibanderol Rp50.000 untuk usia 10 tahun ke atas. Wisatawan lokal dengan usia 3-10 tahun dibanderol seharga Rp25.000. Tiket wisatawan lokal khusus rombongan pelajar atau mahasiswa minimal 20 orang dibanderol Rp 25.000 per orang.

Sementara untuk tiket wisatawan mancanegara dibanderol 100 dolar AS atau setara Rp350.000 per orang. Wisatawan mancanegara kategori anak-anak dibanderol 15 dolar AS atau sekitar Rp210.000 per orang.

Berdasarkan situs tersebut, memang belum ada regulasi yang mengatur harga tiket wisatawan untuk naik ke atas area stupa Candi Borobudur.

Teguh Joko Sutrisno/Semarang

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya