Sempat Tidak Percaya Adanya Covid-19, Ini Fakta dr. Lois Owien 

dr Lois Owien di Bareskrim Polri
Sumber :
  • VIVA/Foe Peace Simbolon

VIVA – Kabar duka datang dari salah satu seorang dokter asal Kalimantan utara yang sempat menjadi momok di tengah-tengah masyarakat, yakni dr. Lois Owien dikabarkan telah meninggal dunia setelah berjuang melawan penyakitnya, yakni kanker pada Senin (06/06/2022) kemarin.

Geger Vaksin COVID-19 AstraZeneca, Ketua KIPI Indonesia Sebut Tidak ada Kejadian TTS di Indonesia

Hal tersebut juga dikatakan oleh pakar telematika, Roy Suryo melalui akun Twitter miliknya. "Rest in Peace dr. Lois Owien ... " tulis Roy di Twitternya. Dr. Lois sendiri dikenal sebagai salah satu dokter "konspirasi" yang sempat menghebohkan masyarakat di awal munculnya pandemi Covid-19.

Sempat tidak percaya dengan adanya wabah Covid-19, pemilik nama Lois Owien atau dr. Lois Owien pernah menjadi perbincangan hangat dan sorotan masyarakat luas. Namanya pun mendadak viral, usai kontroversinya yang tidak mempercayai adanya wabah virus Covid-19 yang melanda Indonesia.

BPBD Luwu Sebut 7 Orang Tewas, 2 Hilang, dan Ribuan Rumah Terdampak Banjir

Lantas, siapa sebenarnya sosok dr. Lois Owien ini hingga namanya sempat menjadi pusat perhatian masyarakat Indonesia?  Jika penasaran simak lebih dulu beberapa fakta  dr.Lois Owien berikut ini;

1. Viral karena Tidak Percaya Covid-19

Banjir dan Longsor di Kabupaten Luwu, 14 Warga Meninggal Dunia

Nama dr. Lois Owien di awal-awal masa pandemi tentu menjadi perhatian masyarakat Indonesia. Di tengah-tengah kepanikan yang melanda seluruh penduduk di Indonesia, lantaran adanya wabah mematikan. dr. Lois Owien justru sebaliknya. 

Pada tahun 2021 yang lalu, dirinya sempat viral lantaran tidak percaya dengan adanya virus Covid-19. Hal ini pun diakui pada saat momen bincang-bincang bersama dengan salah satu pengacara handal, Hotman Paris.

Pada saat itu sang dokter tengah menjadi bintang tamu di sebuah acara yang dipandu oleh Hotman Paris dan Melaney Ricardo. Pada saat bincang-bincang, ia pun ditanya oleh Hotman Paris terkait percaya atau tidak dengan adanya Covid-19. Lantas, ia pun menjawab dengan tegasnya dengan tidak.

"Nggak. Enggak percaya pak," jawab dia, dikutip VIVA dari tayangan di YouTube, Senin 12 Juli 2021. Akibat pengakuannya itu pun mendadak membuat pemilik nama dr. Lois Owien pun viral di jagat dunia maya.

2. Pernah Menjadi Tersangka 

Melejitnya nama dr. Lois Owien lantaran tidaknya percaya dengan adanya wabah Covid-19, beserta pengakuan alasan-alasan yang diutarakannya terkait wabah mematikan tersebut membuat dirinya pernah ditetapkan menjadi tersangka oleh pihak kepolisian.

Pasalnya dengan adanya pengakuan dari dr. Lois Owien, ia diduga telah melakukan penyebaran berita hoaks atau bohon kepada masyarakat. Tidak hanya itu, namanya semakin menjadi sorotan usai kerap melakukan keonaran terkait kasus virus Covid-19 yang melanda tanah air.

3. Tidak Terdaftar di IDI (Ikatan Dokter Indonesia)

Buntut dari ulahnya yang sempat kontroversial saat itupun, membuat Ikatan Dokter Indonesia (IDI) pun angkat bicara terkait isu tersebut. Di mana, mereka menegaskan jika sosok dr. Lois Owien sudah tidak lagi tidak terdaftar dalam keangggotaan IDI atau Ikatan Dokter Indonesia. Pasalnya, pada 2017 dirinya pernah keluarr dari keanggotaan sebagai anggota IDI Tarakan.

4. Dikenal sebagai dr. Lois Anti Aging 

Mengintip akun media sosial miliknya, Lois menulis nama lengkapnya dengan dr. Lois Owien. Sementara nama panggilannya adalah dr. Lois Anti Aging. 

5. Sekjen Partai Negeri Daulat Indonesia

Mungkin tidak banyak yang tahu, jika ternyata dr. Lois Owien juga merupakan Sekretaris Jenderal (Sekjen) Partai Negeri Daulat Indonesia (Pandai) yang didirikan pada Oktober 2020. 

Di mana Farhat Abbas bertindak sebagai Ketua Umum di dalam Partai Negeri Daulat Indonesia (Pandai) ini.  Kemudian pengacara Elza Syarief berkedudukan sebagai Wakil Ketua Umum Partai Pandai. 

6. Meninggal Usai Lawan Kanker Serviks

Meninggalnya dr. Lois Owien rupanya meninggalkan duka bagi kerabat serta orang-orang yang mencintainya.  Pada Senin (06/06/2022) yang lalu, sang dokter dinyatakan meninggal dunia usai dirinya berjuang melawan penyakitnya, yakni kanker serviks.

Diketahui dari berbagai sumber, jika dr.Lois Owien sudah berjuang selama 6 bulan yang lalu melawan penyakit kanker serviks. Diketahui, dokter kontroversial pada 2021 yang lalu itu, meninggal dunia di kampung halamannya yang berada di Kota Tarakan, Kalimantan Utara.

7. Pendidikan dr.Lois Owien

Lulusan UKI  dr. Lois merupakan lulusan dari Fakultas Kedokteran Universitas Kristen Indonesia (UKI) tahun 2004. Ia kemudian melanjutkan pendidikan tentang anti-aging medicine di Malaysia. Namun, bidang keilmuan tersebut saat ini belum diakui di Indonesia sebagai bidang keilmuan spesialis. Sehingga, pendidikannya di Malaysia dinilai hanya setara S2. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya