Anak Presiden Soeharto yang Disorot hingga Sekarang

Anak-anak mendiang Presiden Soeharto yang populer dengan sebutan Keluarga Cendana.
Sumber :
  • Istimewa

VIVA – Beberapa waktu yang lalu, anak Presiden Soeharto sempat menjadi perbincangan karena kasus utang senilai triliunan rupiah. Selain itu, Presiden Soeharto sendiri adalah pemimpin Indonesia kedua sekaligus yang terlama menjabat. Sosok yang kerap dipanggil sebagai Pak Harto ini mempunyai enam anak.

Ustaz Khalid Basalamah: Orangtua Gak Wajib Kasih Nafkah ke Anak Laki-laki Jika Sudah Baliqh

Soeharto menikah dengan seorang perempuan bernama Siti Hartinah atau yang akrab disapa dengan Ibu Tien pada 26 Desember 1947. Dari pernikahan ini, pasangan tersebut dikaruniai 6 orang anak, yang masing-masing 3 anak perempuan dan 3 anak laki-laki. Mereka bernama Siti Hardijanti Rukmana, Sigit Harjojudanto, dan Bambang Trihatmodjo. 

Kemudian ada Siti Hediati Hariyadi, Hutomo Mandala Putra, serta Siti Hutami Endang Adiningsih. Tapi, beberapa di antara mereka kini sedang dikejar pemerintah karena penagihan utang. Utang ini karena program bantuan pemerintah kepada perusahaan yang berhubungan dengan beberapa anak Soeharto di masa Orde Baru. 

Jangan Ragu Masukkan Anak ke PAUD Bun, Ini 5 Manfaat Pentingnya

Bahkan, selain itu, pemerintah juga gencar mengejar berbagai aset lain milik negara yang selama ini berada di bawah penguasaan yayasan Keluarga Cendana. Nah, untuk mengenal lebih lanjut tentang keenam anak Presiden Soeharto tersebut, berikut ulasan selengkapnya yang dirangkum VIVA dari berbagai sumber. 

1. Siti Hardijanti Rukmana

Mengenali Tanda-Tanda Tantrum Tidak Normal pada Anak, Orang Tua Harus Merespons dengan Cermat

Siti Hardijanti Rukmana

Photo :
  • VIVAnews/ Ahmad Rizaluddin

Kerap disapa sebagai Mbak Tutut, anak Presiden Soeharto yang pertama ini adalah seorang perempuan kelahiran tanggal 23 Januari 1949. Tutut Soeharto juga pernah beberapa kali terjun dalam dunia politik, salah satunya menjabat sebagai Menteri Sosial Kabinet Pembangunan VII mulai 14 Maret 1988 sampai 21 Mei 1998. 

Lewat pernikahannya dengan Bimantara Citra, Tutut sudah dikaruniai empat orang anak yang bernama Dandy Nugroho Hendro Maryanto Danti Indriastuti Purnamasari, Danny Bimo Hendro Utomo, dan Danvy Sekartaji Indri Haryanti Rukmana.

2. Sigit Harjojudanto

Anak-anak mendiang Presiden Soeharto yang populer dengan sebutan Keluarga Cendana.

Photo :
  • Istimewa

Sigit Harjojudanto atau yang akrab disapa sebagai Sigit ini adalah anak kedua dari pasangan Presiden Soeharto dan Siti Hartinah yang lahir di Surakarta, 1 Mei 1951. Suami dari perempuan bernama Elsje Anneke Ratnawati ini dikenal sebagai sosok pendiri klub sepak bola Arseto Solo. Pernikahan dengan Elsje, ia dikaruniai tiga orang anak yaitu Ari Sigit, Aryo Setyo, dan Eno Sigit.

3. Bambang Trihatmodjo

Bambang Trihatmodjo

Photo :
  • VIVAnews/ Muhamad Solihin

Anak Presiden Soeharto berikutnya adalah seorang laki-laki kelahiran Surakarta 23 Juli 1953. Bambang Trihatmodjo dikenal sebagai seorang pengusaha ternama di Tanah Air. Lewat pernikahan pertamanya dengan Halimah Agustina, Bambang Trihatmodjo sudah dikaruniai tiga orang anak, yang terdiri dari satu orang perempuan dan dua orang laki-laki. 

Mereka bernama Gendis Siti Hatmanti, Panji Adhikumoro, Bambang Aditya Trihatmanto. Sementara itu, hasil dari pernikahan kedua dengan Mayangsari, Bambang juga dikaruniai seorang anak perempuan yang diberi nama Khirani Siti Hartina Trihatmodjo.

4. Siti Hediati Hariyadi

Ketua Dewan Pertimbangan Partai Berkarya, Siti Hediati Hariyadi

Photo :
  • Istimewa

Lebih akrab disapa sebagai Titiek, anak Presiden Soeharto yang keempat ini adalah seorang perempuan yang lahir pada tanggal 14 April 1959. Titiek Soeharto juga pernah berkarier di bidang politik dengan menjadi anggota DPR RI Fraksi Golkar pada periode 1 Oktober 2014 sampai 11 Juni 2018. Pernikahannya dengan Prabowo Subianto dikaruniai seorang anak bernama Didiet Prabowo. 

5. Hutomo Mandala Putra

Hutomo Mandala Putra atau Tommy Soeharto memakai jas Golkar

Photo :
  • Antara/ Prasetyo Utomo

Kerap disapa sebagai Tommy Soeharto, lelaki yang mempunyai nama lengkap Hutomo Mandala Putra ini adalah kelahiran tanggal 15 Juli 1962. Anak Presiden Soeharto kelima ini ternyata pernah mengenyam pendidikan di Akademi Penerbangan Sipil dan kuliah dengan jurusan Pertanian di Amerika Serikat. 

Pada tahun 1997, Tommy Soeharto ini menikah dengan Ardhia Pramesti Regita Cahyani dan kemudian dikaruniai dua orang anak yang diberi nama Dharma Mangkuluhur dan Radhayana Gayanti Hutami.

6. Siti Hutami Endang Adiningsih

Siti Hutami Endang Adiningsih atau Mamiek Soeharto

Photo :
  • istimewa

Anak Presiden Soeharto terakhir ini sering disebut sebagai Mamiek Soeharto. Perempuan yang lahir pada tanggal 23 Agustus 1964 ini dikenal berbeda dari kelima kakaknya. Mbak Mimiek lebih memilih untuk berkebun dan salah satunya menjadi pemilik taman buah Mekar Sari yang ada di Cileungsi Boogor. 

Ia kemudian menikah dengan seorang laki-laki bernama Pratikno Prayitno pada tahun 1988 silam. Dari pernikahan tersebut, Siti Hutami Endang Adiningsih dikaruniai seorang anak laki-laki yang diberi nama Wiratama Hadi Rachmanto. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya