Megawati Bilang Banyak Orang Menganggap PDIP Partai Kurang Islami

Kantor PDIP di Lenteng Agung yang kemudian diubah jadi sekolah partai
Sumber :
  • Istimewa

VIVA – Presiden Joko Widodo hadir langsung dalam acara peresmian Masjid At-Taufiq di kompleks Sekolah Partai PDIP, Lenteng Agung, Jakarta Selatan, Rabu 8 Juni 2022. Dalam kesempatan itu hadir juga Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri.

Hasto Bicara Oposisi dan Koalisi, Bagaimana Sikap Politik PDIP?

Megawati mengungkapkan proses berdirinya masjid tersebut yang, menurutnya, lahan yang dipergunakan untuk masjid sudah dibeli cukup lama. Pada awalnya, tanah tersebut ingin digunakan untuk pendidikan.

Namun, karena selama ini banyak anggapan bahwa PDIP sebagai partai yang kurang berkarakter islami, Megawati membangun masjid untuk menepis anggapan tersebut.

Hasto Bilang Anak Ranting PDIP Minta Ketemu Jokowi Sebelum Sowan ke Megawati

"Tanah ini sudah lama belinya. Tadinya mau dibikin sekolah pendidikan. Setelah itu kami berunding. PDI Perjuangan sering sekali orang berpikir sepertinya kurang islami, ya. Jadi keluarga menyumbangkan masjid ini buat partai supaya juga biar dikelola dengan baik," kata Megawati.

Ketua Umum DPP PDI Perjuangan (PDIP) Megawati Soekarnoputri

Photo :
  • Istimewa
Hasto PDIP Sebut Ganjar-Mahfud Bakal Ketemu Megawati Pekan Depan

Mengenai desain masjid, Megawati memilih desain yang berstruktur seperti rumah tradisional Sumatera Barat agar sesuai dengan karakter bangsa Indonesia yang berhiaskan aksen Nusantara.

"Seperti tadi saya terangkan, bentuknya saya tanya-tanya, kalau buat masjid itu apakah tidak bisa dengan karakter bangsa Indonesia sendiri. Banyak yang menyatakan bahwa itu tidak menjadi persoalan, sehingga inilah menjadi bukti," katanya.

Megawati mengaku "seneng banget" dengan hadirnya Jokowi dalam peresmian Masjid Agung tersebut.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya