Bangga! Ini Deretan Negara dengan Penduduk Indonesia Terbanyak

Ilustrasi populasi penduduk bumi
Sumber :
  • U-Report

VIVA – Indonesia salah satu negara yang menempati posisi keempat dalam jumlah penduduk nya tersebar terbanyak di belahan dunia. Berdasarkan data yang tertera di laman Direktorat Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil, hingga Juni 2021, jumlah penduduk Indonesia mencapai 270 juta jiwa lebih.

WNI di Qom: Iran Malah Menunggu-nunggu Serangan Balasan Israel, Rakyatnya Tidak Takut

Penduduknya tidak hanya berada atau tinggal di Tanah Air, ternyata banyak warga negara Indonesia yang tinggal di negeri orang dengan berbagai sebab. Misalnya bekerja, belajar, atau karena sebab pernikahan. Berikut Viva berikan informasi negara-negara yang memiliki penduduk Indonesia terbanyak melalui rangkuman dari berbagai sumber:

6. Malaysia

Iran Serang Israel, Ini Imbauan KBRI Teheran pada WNI

Sebagai negara tetangga Indonesia, Malaysia menjadi negara yang menempati urutan pertama sebagai negara dengan penduduk terbanyak di Indonesia.

Diperkirakan ada sekitar 2,5 juta orang Indonesia yang menetap di negara ini. beragam beragam, tetapi yang paling dominan adalah untuk bekerja. Selain itu, ada juga tidak unsur sejarah yang menjadi alasan lain banyaknya orang Indonesia yang bermukim di negara ini.

Konflik Israel-Iran, Kemlu: Tidak Ada Informasi WNI yang Terdampak

5. Saudi Arabia

Kurang lebih sekitar 1,5 juta warga negara Indonesia telah menetap di Arab Saudi untuk alasan bekerja. Sebagai negara dengan populasi penduduk muslim terbanyak di dunia, ada banyak rakyat Indonesia yang memutuskan menetap dan mencari peruntungan hidup di negeri yang memiliki tanah suci bagi umat Islam ini.

4. Belanda

Di Belanda ada sekitar 395 ribu orang Indonesia yang menetap. Hal ini berkaitan dengan keinginan sebagian orang Indonesia yang ingin mendapatkan penghidupan yang lebih baik di Belanda. Karenanya banyak yang memutuskan untuk pindah ke negara ini.

Tidak hanya itu, alasan bekerja dan menempuh pendidikan lanjut juga menjadi faktor lain mengapa ada banyak orang Indonesia di negara ini.

3. Singapura

Faktor wilayah negara Singapura yang dekat dengan Indonesia ini,  menjadikan negara kecil di sebelah provinsi kepulauan riau ini sebagai tempat liburan dan mencari nafkah beberapa masyarakat Indonesia. Diperkirakan sekitar 200 ribu WNI ada di Singapura sekarang.

2. Taiwan

Taiwan merupakan negara yang menjadi tujuan utama perantau dari Indonesia yang hendak mengadu nasib dengan berprofesi sebagai pekerja migran. Di negara ini, ada kurang lebih 161 ribu orang WNI, menjadikan Tawan duduk di peringkat kelima dalam kategori ini.

1. Hongkong

Bukan berita baru jika Hong Kong merupakan negara tujuan bagi para TKI di Indonesia. Ada sekitar 102.100 WNI yang menetap di Hong Kong untuk bekerja. Ada juga yang datang ke negara ini untuk menempuh pendidikan lanjutan.

Nah, itu informasi mengenai negara yang memiliki penduduk Indonesia terbanyak, dengan berbagai urusan penduduan Indonesia sudah dapat berdiaspora di negara-negara yang telah disebutkan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya