Ganjar Bawa Jateng Raih Dua Penghargaan dari BPKP, Apa Saja?

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo
Sumber :
  • Istimewa

VIVA – Pemerintah Provinsi Jawa Tengah (Pemprov Jateng) di bawah kepemimpinan Gubernur Jateng Ganjar Pranowo mendapat dua penghargaan dari Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP). 

Balon Udara Muncul di Ketinggian 9.000 Feet, AirNav Semarang Minta Pilot Waspada

Adapun dua penghargaan tersebut disabet berkat kinerja Pemprov Jateng dalam sistem pengendalian intern pemerintah dan memitigasi manajemen resiko. Keduanya mendapat grade level 3 dari BPKP. 

"Alhamdulillah pemerintah provinsi dan beberapa kabupaten kota bisa pada level 3. Ini grade-nya sampai 5. Saya tanya yang lima ada ngga? Belum ada. Yang 4 mana? Yang empat ternyata baru Kementerian Keuangan. Tiga itu sudah rata-rata atas kata mereka begitu," kata Ganjar di Puri Gedeh, Kota Semarang, Selasa, 14 Juni 2022.

Film 13 Bom Raih Penghargaan Internasional, Sutradara Angga Sasongko Bangga

Ganjar pun berterima kasih kepada inspektorat di Pemprov Jateng terkait raihan level 3 sistem pengendalian intern. Dengan capaian ini, kata Ganjar, artinya korupsi bisa ditanggulangi. 

"Saya terima kasih kawan-kawan inspektorat di Jawa Tengah cukup serius untuk menanggulangi itu sehingga kita bisa menanggulangi korupsi, terus kinerja kita lihat manfaat, added value, nilai tambahnya bisa ada," imbuhnya. 

Jalin Sinergi Pengawasan dengan Kepolisian, Bea Cukai Mataram Raih Penghargaan

Sementara soal mitigasi manajemen risiko, Ganjar juga berterima kasih kepada jajaran yang bertugas. Dia berharap, reformasi birkorasi di Pemprov Jateng terus berjalan baik. 

"Ini dua penghargaan yang menurut saya ini penting bahwa reformasi birokrasi berjalan. Karena seakan sampai 5 dan yang empat itu ternyata baru Kemenkeu, kita akan dorong naik ke 4 dulu," tuturnya. 

Sementara itu, Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Jawa Tengah Tri Handoyo menyebut jajaran di Pemprov Jateng sudah mengelola birokrasi dengan baik. Dia pun berharap raihan ini terus meningkat. 

"Jadi ada dua penghargaan yang kita sampaikan ke provinsi. Satu dari SPI, satu lagi dari menejemen risiko indeks. Artinya bahwa teman-teman provinsi Jawa Tengah ini sudah melakukan pengelolaan risiko dengan baik," pungkasnya.

Baca juga: Charta Politika: 68,5% Pemilih PDIP Memilih Ganjar, 6,2% Pilih Puan

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya