PN Tangerang Putuskan IKEA Supply AG Bayar Ganti Rugi Rp21,5 Miliar

Kasus hukum yang disidangkan di pengadilan (foto ilustrasi).
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay

VIVA – Majelis Hakim Pengadilan Negeri Tangerang memutuskan IKEA Suplly AG  harus membayar kegurian puluhan miliar. terkait perbuatan melawan hukum atas gugatan yang diajukan oleh PT. Agri Lestari Nusantara.

Kubu Ganjar-Mahfud Tidak Terima Gugatannya ke MK Disebut Salah Sasaran oleh KPU

Dikutip VIVA dari situs Pengadilan Negeri Tangerang yang tertuang dalam nomor perkara 1170/Pdt.G/2020, yang dibacakan pada sidang putusan Senin tertanggal 13 Juni 2022 menyebut bebera poin putusan yakni

"Mengabulkan gugatan penggugat untuk sebagian dan menghukum tergugat untuk membayar secara tunai atas kerugian materil yang dialami pengugat dengan total seluruhnya Rp21.507.054.116," bunyi amar putusan tersebut.

Yusril Sindir Mahfud soal Narasi dan Petitum Gugatan Sengketa Pilpres Tak Sejalan

IKEA.

Photo :
  • Pexels/Alexander Isreb

Selain itu, IKEA Supply AG juga dinyatakan bersalah melakukan perbuatan melawan hukum dan menghukum tergugat untuk membayar perkara yng timbul dalam perkara ini sebesar Rp719 ribu.

Terdakwa Yosep Subang Diadili Bunuh Istri dan Anak Demi Uang, Korban Dibacok Pakai Golok

"Menolak gugatan selain dan selebihnya," tulis amar putusan lagi.

Dihubungi terpisah pengacara PT. Agri Lestari Nusantara M. Jusril menyatakan sependapat atas putusan Majelis Hakim tersebut yang mencerminkan rasa keadilan dengan membagi rata atas total kerugian material yang diderita PT. Agri Lestari Nusantara tersebut dan membebankan kerugian material tersebut juga kepada IKEA Supply AG.

"Dengan dasar jika bisnis kerjasama tersebut sama sama mendapat keuntungan, dan jika terjadi kerugianpun menjadi beban dari pihak dalam kerjsama tersebut," kata Jusril.

Sebelumnya, PT. Agri Lestari Nusantara selaku penggugat menggugat IKEA Suplly AG selaku tergugat ke PN Tangerang atas perkara perbuatan melawan hukum dalam perkara 1170/Pdt.G/2020 tertanggal 14 Desember 2020 yang lalu.

IKEA merupakan distributor dan pemasok peralatan rumah tangga hingga perkantoran yang berkantor pusat di Swedia, yang baru saja meluncurkan kolaborasi musik dan interior dapat saling sinergi bekerja sama dengan Swedish House Mafia, sedangkan PT Agri Lestari Nusantara merupakan perusahaan lokal indonesia yang bergerak dalam pengembangan produk turunan kelapa dengan hasil produknya keset serabut kelapa.

Jawaban IKEA

Di Grup Inter IKEA, Kami percaya pada hubungan jangka panjang dengan mitra penyuplai kami. IKEA menghargai bisnis kami di Indonesia dan melihat potensi besar dalam mengembangkan sourcing di Indonesia selama lima tahun ke depan. Hubungan jangka panjang adalah dasar untuk produksi dan pengembangan yang efisien. 

Pada kesempatan yang jarang terjadi, kami memutuskan untuk tidak lagi bekerjasama dengan mitra penyuplai kami. Pemutusan kerja sama ini merupakan keputusan yang berat bagi kami. Sebelum melakukan hal ini, kami selalu memastikan bahwa semua pilihan lain telah diusahakan dan dicoba. 
Kami tidak akan memberikan tanggapan di depan umum atas diskusi kami dengan salah satu mitra penyuplai kami. Lebih lanjut, kami tidak akan memberikan tanggapan atas kasus spesifik mengenai pemutusan kontrak ini. Kami akan selalu melakukan yang terbaik untuk menemukan kesepakatan yang adil bagi IKEA dan juga mitra kami. 

Grup Inter IKEA terdiri dari tiga bisnis inti, yaitu Waralaba, Range & Supply dan Industri. Di dalam bisnis Waralaba, Inter IKEA Systems B.V. adalah pemilik dari Konsep IKEA dan pemberi waralaba secara global. Inter IKEA Systems B.V mengembangkan dan menawarkan Konsep IKEA kepada pemegang waralaba IKEA, sehingga memungkinkan pemenuhan jangka panjang Ide Bisnis IKEA. 

Di dalam bisnis Range & Supply, IKEA of Sweden AB bertanggung jawab untuk mengembangkan, mendesign dan memproduksi solusi perabot rumah untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari banyak orang. Selain itu, IKEA Supply AG adalah perusahaan wholesale yang menyuplai pemegang waralaba IKEA dengan produk IKEA. Terakhir, bisnis industri adalah manufaktur produk IKEA berbahan dasar kayu.
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya