Warga Jayapura Temukan Bom Granat Aktif Peninggalan Perang

Tim gegana saat mengamankan bom.
Sumber :
  • VIVA/Aman Hasibuan

VIVA – Warga Jayapura dihebohkan dengan penemuan bom granat aktif di Jalan Buper Waena Distrik Heram, Kota Jayapura, Papua.

Puslabfor Polri Selidiki Kasus Kebakaran Maut Toko Frame Mampang

Bom granat tersebut pertama kali ditemukan warga bernama Yotam Tabuni di lokasi gusurannya di Buper Waena. Bom jenis granat yang ditemukan diduga merupakan peninggalan perang dan masih aktif, karena masih terdapat pemicunya.

Kapolsek Heram, AKP Frangky Rumbiak, mengatakan bom tersebut ditemukan saat pemilik lahan melakukan penggusuran. Dia menemukan bom dan langsung melaporkannya ke Mapolsek Heram.

Gara-gara Wanita, Bripda DR Aniaya Tenaga Kesehatan Hingga Hidungnya Patah

Ia menjelaskan,  begitu polisi mendapatkan laporan penemuan bom ini dari warga, pihaknya langsung menghubungi Detasemen Gegana Sat Brimob Polda Papua untuk bersama-sama mendatangi TKP.

"Tim Gegana yang dipimpin Ipda Mubarak bersama personelnya langsung mendatangi TKP dan menggunakan alat penjinak bom. Kemudian granat tersebut diangkat lalu dimasukkan ke mobil penjinak bom," ujar Kapolsek.

Relawan Prabowo Batal Gelar Aksi, Polisi Berlakukan Pengalihan Arus Situasional Depan MK

Lanjut Kapolsek, bom jenis granat tersebut kemudian dibawa oleh Tim Gegana ke Mako Brimob Polda Papua untuk selanjutnya dilakukan pemusnahan dengan cara diledakkan.

"Terima kasih kepada warga yang langsung melaporkannnya ke pihak Kepolisian. Hal tersebut merupakan langkah yang benar,”katanya.

Untuk itu, polisi mengimbau kepada seluruh masyarakat bilamana mengalami kejadian yang sama agar sesegera mungkin melaporkannya ke Kepolisian terdekat.

Ia menambahkan, jika warga semua untuk menemukan benda-benda seperti bom agar segera melaporkannya pada polisi, karena bom  jenis granat tidak mempunyai masa kedaluwarsa. Selalu aktif dan bisa meledak kapanpun hingga melukai orang-orang di sekitarnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya