Viral Foto Stupa Candi Borobudur Mirip Jokowi, Siber Polri Dalami

Kepala Divisi Humas Polri, Irjen Dedi Prasetyo
Sumber :
  • Polri

VIVA – Tim Direktorat Tindak Pidana Siber Bareskrim Polri tengah mengusut beredarnya foto stupa Candi Borobudur di media sosial yang diedit mirip dengan wajah diduga Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Tony Blair Ucapkan Selamat ke Prabowo Usai Menang Pilpres: Fantastis!

“Sedang didalami dan profiling oleh siber," kata Kepala Divisi Humas Polri, Irjen Dedi Prasetyo saat dikonfirmasi wartawan pada Selasa, 14 Juni 2022.

Sebelumnya diberitakan, mantan politisi Partai Demokrat, Roy Suryo, mengunggah satu foto editan dari masyarakat yang menampilkan sebuah stupa dengan bagian wajah yang mirip dengan Presiden Joko Widodo.

Viral Jeam Kelly Sroyer Dikeplak Shin Tae-yong, Ternyata Gegara Ini

Baca juga: Menteri Muhajir: Kemiskinan Ekstrem di Indonesia Ibarat Kerak Nasi

Foto tersebut diunggah Roy Suryo melalui akun Twitternya @KRMTRoySuryo2. Menurutnya, foto stupa dengan wajah Jokowi itu merupakan bentuk protes dari masyarakat terkait rencana kenaikan harga tiket masuk ke Candi Borobudur.

Pria Ini Belajar Mengemudi Bermodal Lihat Youtube, Hasilnya Mobil Hancur Tabrak Tembok

"Sejalan dengan protes rencana kenaikan harga tiket Candi Borobudur dari 50 ribu naik menjadi 750 ribu (yang sudah sewarasnya) ditunda itu, banyak kreativitas dari masyarakat. Salah satunya stupa terbuka yang ikonik di Borobudur itu," kata Roy Suryo seperti dikutip dari akun twitternya, Selasa, 14 Juni 2022.

"Lucu hehehe, AMBYAR," lanjutnya.

Stupa dengan Wajah Mirip Jokowi 

Stupa di Candi Borobudur.

Photo :
  • U-Report

Dilihat dari foto yang diunggah, tampak sebuah stupa dengan bagian wajah yang mirip dengan sosok Presiden Joko Widodo. Adapun dalam foto tersebut tertulis kalimat kenaikan harga tiket untuk membantu keuangan dalam pembangunan IKN.

“Pantas saja tiketnya mahal, ternyata opung sudah buat patung 'I Gede Utange Jokowi' untuk tambah pembangunan IKN," tulis keterangan dalam foto tersebut. 

Sebelumnya, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan sebelumnya menyebut rencana turis lokal akan dikenakan tarif Rp750.000 untuk masuk ke area stupa Candi Borobudur. Belakangan, rencana itu masih sebatas rencana dan masih akan dikaji ulang.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya