25.929 Jemaah Haji Sudah Tiba di Arab Saudi

Calon jemaah haji tiba di Asrama Haji Donohudan, Boyolali, Jawa Tengah.
Sumber :
  • VIVA.co.id/ Fajar Sodiq (Solo)

VIVA – Kementerian Agama telah mencatat 25.929 jemaah haji yang sudah diberangkatkan ke Tanah Suci Makkah, Rabu 15 Juni 2022. Keberangkatan Haji berlangsung dua hari.

Kementerian Haji Meminta Jemaah Umrah Harus Keluar dari Arab Saudi pada 6 Juni

keberangkatan gelombang pertama akan berada di Makkah sampai pada puncak Haji (Arafah-Muzdalifah-Mina) untuk kemudian kembali ke Indonesia. Akhmad Fauzin menjelaskan bahwa PPHI (Panitia Penyelenggara Ibadah Haji) telah menyiapkan layanan akomodasi Jemaah haji Indonesia selama di Makkah.

Seperti dijelaskan dalam situs Kemenag.go.id, Akhmad Fauzin mengatakan bahwa hotel jemaah haji terbagi menjadi lima wilayah yaitu, Misfalah berjarak 2 Km dari Masjidil Haram, Mahbas Jin sekitar 2 Km, Jarwal sekitar 850 Meter, Raudha sekitar 3,5 Km, dan Syisyah sekitar 4 KM.

Terkuak 5 Kejadian yang Terjadi di Dunia Dikaitkan Ketakutan soal Kiamat

Seperti dikatakan oleh Ahmad Fauzin "Jemaah yang telah diberangkatkan dari Madinah dan tiba ke Makkah sampai saat ini sebanyak 8 kloter dengan jumlah 3.154,"

Jemaah haji kloter 5 asal Tangerang menuju Asrama Haji Pondok Gede.

Photo :
  • VIVA.co.id/ Sherly (Tangerang)
Kemenag Pastikan 75.572 Visa Jemaah Haji Reguler Indonesia Sudah Terbit

"Setiap akomodasi tersedia fasilitas kamar tidur dengan kamar mandi di dalam, ruang makan, musala, mesin cuci dan tempat menjemur pakaian. Disiapkan juga petugas kebersihan dan petugas keamanan akomodasi. Jemaah haji juga akan mendapatkan air zam zam dan air mineral 1 liter per orang setiap harinya." ungka Akhmad Fauzin

Proses keberangkatan jemaah haji gelombang pertama ke Madinah masih terus berlangsung. Kemenag mencatat, ada 25.929 jemaah yang telah diberangkatkan ke Kota Nabi. Untuk hari ini, akan kembali diberangkatkan 2.809 jemaah yang tersebar di tujuh kloter dari lima embarkasi.

Masing-masing dua kloter berangkat dari Embarkasi Jakarta – Pondok Gede atau JKG (786 jemaah) dan Jakarta – Bekasi atau JKS (820). Masing-masing satu kloter berangkat dari Embarkasi Banjarmasin atau BDJ (360), Medan atau MES (393), dan Surabaya atau SUB (450).

Akhmad Fauzan mengatakan lebih lanjut bahwa dilaporkan sebantak 49 jemaah haji sakit, 43 orang sedang menjalani rawat jalan dan enam orang sedang dirawat di Klinik Kesehatan Haji Indonesia Madinah.

Kota Suci Mekkah.

Photo :
  • GoNews India

Sementara hingga sampai saat ini jemaah yang wafat bertambah satu orang, seperti yang dijelaskan oleh Akhmad Fauzin "Jemaah wafat bertambah 1 orang atas nama Bawuk Karso Samirun, perempuan, 58 tahun, nomor paspor C636 8711, kloter SUB4 asal Embarkasi Surabaya. Sehingga total ada tiga jemaah haji Indonesia yang wafat." tutup

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya