Perbandingan Biaya Haji Indonesia dengan Negara Lain

Ka'abah
Sumber :
  • unsplash,com

VIVA – Jika kamu berencana akan menunaikan ibadah haji, kamu mungkin ingin mengetahui perbandingan biaya haji Indonesia dengan negara lain. 

Tak Banyak Masalah, Kemenag Nilai Proses Persiapan Haji Berjalan Baik

Biaya Perjalanan Ibadah Haji (Bipih) yang beberapa waktu lalu telah disepakati oleh Pemerintah bersama DPR yang dibayarkan oleh para calon jamaah haji sebesar Rp. 39.886.009. Biaya yang dikeluarkan sudah termasuk biaya penerbangan, sebagian biaya akomodasi di Mekkah dan Madinah, biaya hidup, dan biaya Visa. 

Perbandingan Biaya Haji Indonesia dengan Negara Lain

Perjanjian Kerja Sama, Saudia Airlines Siap Angkut Ribuan Jemaah Haji Indonesia

Biaya haji telah ditemtunkan oleh Pemerintah setempat. Berikut ini perbandingan biaya haji indonesia dengan negara lain, dilansir dari berbagai sumber.

1. Biaya Haji dari Inggris

Pelunasan Biaya Haji Ditutup pada 5 April, Kuota 213.320 Jemaah Reguler Sudah Terisi

Pertama perbandingan biaya haji Indonesia dengan Inggris. Biaya haji di Inggris pada tahun 2017 sebesar £3.000 hingga £6.000 dalam Rupiah sekitar Rp.53,67 juta hingga Rp.107,5 juta untuk satu orang. Biaya yang dikeluarkan sudah termasuk biaya pembuatan Visa, hingga biaya haji dan Zabihah.

2. Biaya Haji dari India 

Negara selanjutnya adalah India. Perbandingan biaya haji Indonesia dengan India. Biaya haji dari negara India merogoh kocek antara Rupee 375.000 hingga Rupee 525.000, atau sekitar Rp.70,75 juta hingga Rp.99 juta untuk satu calon jamaah haji.

3. Biaya Haji dari Pakistan

Walaupun berdekatan dengan India, biaya haji yang dikeluarkan berbeda dengan Pakistan. Biaya yang dibutuhkan untuk berangkat haji di Pakistan tergantung dengan tempat tinggal atau asal dari calon jamaah haji. 

Rata-rata biaya yang dikeluarkan jamaah haji yang berasal dari bagian selatan Pakistan adalah sekitar Rs.246.271 atau sekitar Rp.17,68 juta. Untuk biaya haji bagi jamaah haji yang berasal dari bagian utara Pakistan sebesar Rs.255.271 atau sekitar Rp.18,33 juta.

4. Biaya Haji dari Amerika Serikat

Hal yang menarik biaya haji dari Amerika Serikat. Biaya haji yang dikeluarkan di Amerika Seikat cukup beragam tergantung dengan agen. Setiap agen memiliki paket ibadah haji yang beragam dengan fasilitas yang beragam pula.

Dilansir dari saudiarabianevisa, pada tahun 2021, perusahaan yang menawarkan paket haji dari AS pada tahun 2021 mengenakan biaya antara USD $11.600 hingga $13.500, atau sekitar Rp.165,714 juta hingga 197,532 juta. Calon jamaah haji dapat memilih paket haji yang sudah meliputi biaya tiket pesawat dan juga akomodasi saat melaksanakan ibadah haji.

5. Biaya Haji dari Arab Saudi

Sebagian besar pasti penasaran berapa biaya haji yang dikeluarkan jika berada di Arab Saudi. Penduduk lokal harus mengikuti peraturan yang ada dengan membayar biaya haji yang sudah ditentukan. Kategori termurah yang dapat dipilih sebesar Riyal 3.000 , atau sekitar Rp11,78 juta. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya