393 Calon Jemaah Haji Kloter Pertama Aceh Diterbangkan

Ilustrasi berhaji.
Sumber :
  • U-Report

VIVA – Sebanyak 393 Calon Jemaah Haji (CJH) dari embarkasi Aceh diberangkatkan pada 15 Juni 2022 pukul 00.25 WIB. Mereka terbang dari Bandara Sultan Iskandar Muda, Aceh Besar menuju Madinah, Arab Saudi menggunakan pesawat Garuda Indonesia. 

Perjanjian Kerja Sama, Saudia Airlines Siap Angkut Ribuan Jemaah Haji Indonesia

CJH kloter I embarkasi Aceh terdiri atas 187 orang dari Banda Aceh, 19 orang dari Sabang, 70 orang dari Aceh Besar, 54 orang dari Pidie Jaya, serta 57 orang dari Aceh Utara.

Ketika para jemaah sudah 2 hari di Makkah nanti, jemaah akan mendapatkan dana wakaf dari Baitul Asyi (wakaf rumah aceh) dengan nilai 1200 Riyal Arab Saudi atau Rp 4,5 juta per jamaah. Mereka bakal diarahkan panitia untuk pengambilan dana tersebut.

Pelunasan Biaya Haji Ditutup pada 5 April, Kuota 213.320 Jemaah Reguler Sudah Terisi

Pengambilan dana wakaf itu nantinya akan diserahkan oleh panitia ke jemaah haji langsung dan tidak boleh diwakilkan oleh pihak manapun. Diketahui wakaf yang usianya lebih dari dua abad ini selalu diberikan kepada setiap jemaah haji asal Tanah Rencong ketika menunaikan ibadah haji ke Mekah. 

Dilepas oleh Gubernur Aceh Nova Iriansyah

Menag Yakin Populasi Muslim Digeser Pakistan Tak Berdampak Apapun Termasuk Kuota Haji

Sebelum terbang, Gubernur Aceh Nova Iriansyah melepas CJH di Komplek Asrama Haji Banda Aceh. Di depan para calon jemaah haji ia mengucapkan selamat atas keberangkatan CJH tahun 1443 H/2022 ke Tanah Suci.

Karena masih dalam pandemi COVID-19, Nova juga berpesan untuk tetap menjaga kesehatan sehingga ibadah haji dapat terlaksana dengan lancar.

“Saya menghimbau kepada seluruh Jemaah Calon Haji Aceh, untuk senantiasa menerapkan protokol kesehatan dan pola hidup sehat secara disiplin, sehingga keseluruhan rangkaian ibadah haji dapat ditunaikan dengan baik,” ujar Nova seperti yang dilansir VIVA dari situs resmi Pemerintah Aceh.

Gubernur Aceh Nova Iriansyah melepas CJH embarkasi Aceh pada 14 Juni 2022

Photo :
  • humas.acehprov.go.id

CJH Kloter I dari embarkasi Aceh dipastikan berangkat dalam keadaan sehat. Mereka juga telah menunjukkan hasil pemeriksaan sampel usap atau tes swab PCR 72 jam sebelum keberangkatan dengan hasil negatif. 

Pada haji tahun ini, embarkasi Aceh akan memberangkatkan 2.023 orang dengan rincian 1.992 jemaah serta 31 petugas. Total kloter haji dari embarkasi Aceh tahun ini yakni sebanyak enam kloter yang terdiri dari lima kloter penuh dan satu kloter campuran, di mana jemaah asal Aceh bergabung dengan sebagian jemaah Medan, Sumatra Utara.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya