Arti Primbon Jawa Rabu Pon & Rabu Pahing, Dikaitkan Reshuffle Jokowi

Presiden Jokowi
Sumber :
  • VIVA.co.id/ Anwar Sadat

VIVA – Presiden Joko Widodo akan melakukan reshuffle alias perombakan kabinet pada Rabu, 15 Juni 2022 hari ini. Jokowi bakal mencopot sejumlah Menteri Kabinet Indonesia Maju dan mengangkat beberapa orang lainnya yang akan membantu dalam masa pemerintahannya.

MK: Dalil Pemohon Ada Intervensi Presiden Terkait Pencalonan Gibran Tak Beralasan Hukum

Melihat dari riwayat reshuffle, Jokowi kerap kali melakukan perombakan kabinetnya pada hari Rabu. Namun hanya sekali selama masa jabatannya, Jokowi melakukan reshuffle bukan pada hari Rabu, yaitu pada 22 Desember 2020.

Pada masa pemerintahannya yang pertama, Jokowi melakukan reshuffle kabinet I pada Rabu, 12 Agustus 2015, kemudian reshuffle kedua yaitu pada Rabu, 27 Juli 2016, reshuffle ketiga dilakukan pada Rabu, 17 Januari 2018, dan reshuffle keempat pada Rabu, 15 Agustus 2018.

Jokowi Resmikan Bandara Panua Pohuwato Gorontalo Senilai Rp437 Miliar

Kemudian saat Jokowi menjabat presiden periode kedua, ia kembali melakukan perombakan Kabinet Indonesia Maju I pada Selasa 22 Desember 2020, lalu reshuffle Kabinet Indonesia Maju II dilakukan pada Rabu 28 April 2021, dan tahun ini juga dilakukan perombakan kembali yang dilaksanakan pada Rabu, 15 Juni 2022.

Perombakan ini dikaitkan dengan pemilihan hari yang selalu dilaksanakan setiap Rabu Pon dan Rabu Pahing. Lantas, apa arti primbon jawa hari Rabu Pon dan Rabu Pahing? Simak ulasannya berikut ini.

Empat Alasan Utama Publik Puas dengan Kinerja Jokowi, Menurut Survei Indikator

Arti primbon Jawa Rabu Pon dan Rabu Pahing

Ilustrasi Kalender.

Photo :
  • westjamaica.org

Isu reshuffle ini dikaitkan dengan pemilihan hari yaitu antara Rabu Pon dan Rabu Pahing. Diketahui jika Jokowi lahir di Surakarta, Jawa Tengah pada 21 Juni 1961, di mana menurut primbon Jawa berarti mempunyai weton Rabu Pon (lahir pada Rabu Pon).

Presiden Jokowi ini memang kerap kali mengambil keputusan penting politik pada hari Rabu Pon, atau Rabu Pahing, seperti perombakan kabinet kali ini.

Menurut primbon Jawa, weton Rabu Pon memiliki perhitungan 14. Rinciannya, Rabu nilainya 7 dan pasaran Pon nilainya 7. Kitab Primbon Jawa Serbaguna anggitan R Gunasasmita menyebutkan, weton Rabu Pon memiliki karakter pekerja keras. Secara finansial, Rabu Pon termasuk orang yang hemat. Rabu Pon dengan neptu 14 akan memiliki banyak ilmu dan kecukupan finansial. Orang yang lahir Rabu Pon setia pada pasangan dan seorang pemikir yang ulung.

Primbon Jawa menyebut Rabu Pon sebagai Satriya Wibawa. Artinya, orangnya selalu mendapatkan keberuntungan. Dengan pembagi 9, Rabu Pon juga termasuk kategori Nohan Rembulan. Ia akan selalu dinaungi keberuntungan. Oleh karena itu ia selalu memiliki perencanaan yang baik dan terukur.

Weton Rabu Pon juga pandai menangkap peluang dan tidak mudah putus asa. Ia juga memiliki keterampilan sosial yang memadai sehingga mudah bergaul dengan orang lain.Selain disukai banyak orang, ia juga memiliki musuh.

Sementara itu, berdasarkan kamus kitab primbon Jawa kuno, weton Rabu Pahing memiliki watak Lakuning Banyu, yang berarti selalu teduh dan menenangkan. Karena watak yang menyenangkan, biasanya weton Rabu Pahing tidak mudah marah, namun akan nampak riang gembira dan luwes dalam melakukan apapun. 

Dalam melakukan sesuatu, weton Rabu Pahing dikenal memiliki karakter atau watak yang disiplin, tepat janji, pandai menjaga rahasia, dan perkataannya sangat bisa dipercaya.

Primbon Jawa adalah salah satu metode yang digunakan oleh orang jawa untuk menghitung terhadap segala persoalan kehidupan manusia. Mulai dari watak, arti mimpi, arti nama, pekerjaan hingga urusan percintaan. Primbon Jawa menjadi salah satu warisan budaya leluhur, adat kebiasaan turun-temurun yang senantiasa dilestarikan oleh masyarakat khususnya di jawa.

Terlepas dari arti primbon jawa yang dikaitkan dengan reshuffle kabinet Jokowi, semoga keputusan dari perombakan ini akan membuahkan hasil yang memuaskan. Sehingga pemerintahan Jokowi berhasil mewujudkan keinginan masyarakat Indonesia dan Indonesia semakin maju.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya