Formasi Lengkap Reshuffle Kabinet Jokowi: 2 Menteri dan 3 Wamen Baru

Presiden Jokowi melantik Menteri Perdagangan dan Menteri ATR/BPN baru
Sumber :
  • YouTube Sekretariat Presiden

VIVA – Presiden Joko Widodo (Jokowi) melakukan reshuffle di Kabinet Indonesia Maju. Jokowi juga melantik menteri dan wakil menteri baru di Istana Negara, Jakarta, Rabu 15 Juni 2022.

Erick Thohir Beberkan 'Kunci Sukses' Timnas Indonesia ke Media Asing

Jokowi mengangkat Zulkifli Hasan menjadi Menteri Perdagangan (Mendag) menggantikan M. Luthfi. Kemudian Presiden Jokowi mengangkat eks Panglima TNI Marsekal TNI (Purn.) Hadi Tjahjanto menjadi Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional menggantikan Sofyan Djalil.

Formasi reshuffle kabinet Jokowi-Maruf Amin

Photo :
  • YouTube Sekretariat Presiden
PM Singapura akan Temui Jokowi Pekan Depan, Bahas Energi Hingga IKN

Selain itu, Jokowi juga melakukan pelantikan untuk posisi wakil menteri (wamen). Ada sejumlah nama yang disebut akan dilantik sebagai wakil menteri. Menteri dan wakil menteri ini diketahui akan bertugas untuk sisa masa jabatan 2019-2024.

Politikus PSI Raja Juli Antoni mengisi posisi Wakil Menteri Agraria dan Tata Ruang Raja Juli Antoni. Kemudian ada nama John Wempi Wetipo yang dilantik sebagai Wakil Menteri Dalam Negeri dan ada nama Sekjen Partai Bulan Bintang Afriansyah Ferry Noor yang dilantik sebagai Wakil Menteri Ketenagakerjaan. 

PDIP Tak Mau Pusing Mikirin Jokowi dan Gibran yang 'Bakar' Rumahnya Sendiri

Sementara sebelumnya Sekretaris Kabinet Pramono Anung mengatakan bahwa perlu digarisbawahi bahwa perombakan kabinet adalah hak penuh Presiden dan bisa dilakukan kapan saja.

"Presiden itu mempunyai hak prerogatif. Presiden mau ganti kapan aja, ya, terserah presiden. Mau hari ini, mau besok, mau lusa. Tapi kewenangan itu sepenuhnya ada pada presiden," kata Pramono di Istana Kepresidenan, Jakarta, Selasa, 14 Juni 2022 kemarin.

Kadispenad Brigjen TNI Kristomei Sianturi

3 Jenderal Termuda di TNI Angkatan Darat, Ada yang Jadi Perisai Hidup Presiden Jokowi

Menjadi seorang jenderal adalah keinginan utama bagi setiap anggota TNI yang ingin mencapai puncak karier mereka. Nah, ada beberapa jenderal termuda di TNI AD.

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024