Fraksi PPP: Umat Islam Butuh Vaksin Halal

Fraksi PPP gelar seminar terkait vaksin halal di Gedung DPR, Jakarta.
Fraksi PPP gelar seminar terkait vaksin halal di Gedung DPR, Jakarta.
Sumber :
  • Istimewa.

VIVA - Anggota Komisi IX DPR dari Fraksi PPP Anas Thahir menegaskan bahwa fraksinya akan terus mengawal dan terus mendorong pemerintah untuk mengoptimalkan ketersediaan vaksin halal dalam program vaksinasi booster (lanjutan).

Forum Umat Islam minta Kemenkes terapkan penggunaan vaksin halal.

Forum Umat Islam minta Kemenkes terapkan penggunaan vaksin halal.

Photo :
  • Istimewa

Wakili Umat Islam

"Kita ini sebenarnya ingin mewakili umat Islam untuk mendorong agar pemerintah bersedia sesegera mungkin menerapkan putusan MA tentang vaksin halal sebab nyatanya hari ini sudah tersedia memang vaksin halal seperti sinovac dan zifivax. Lalu kenapa sudah ada yang halal kok kita masih menggunakan vaksin nonhalal," kata Anas Thahir dikutip pada Kamis, 16 Juni 2022.

Anas mengatakan pemerintah sudah tidak ada alasan lagi untuk ‘memaksa’ masyarakat menggunakan vaksin yang mengandung sesuatu yang tidak halal. Anas menyebut situasi saat ini sudah tidak lagi bersifat darurat.

"Dulu pada saat awal vaksinasi kita masih bisa menggunakan vaksin nonhalal karena dalam kondisi darurat. Tapi sekarang kondisi darurat sudah tidak ada, dimana covid sudah melandai, ketersediaan vaksin halal juga sudah ada. Saya kira tidak ada pilihan lain kecuali kita sesegera mungkin menerapkan vaksin halal," katanya.

Baca juga: DPR Minta Kemenkes Bikin Kebijakan yang Berpihak pada Vaksin Halal