Roy Suryo Minta Maaf Soal Stupa Candi Borobudur Mirip Jokowi

Cuitan Twitter Roy Suryo soal stupa mirip Jokowi.
Sumber :
  • Tangkapan layar Twitter

VIVA – Mantan Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Roy Suryo menyampaikan permohonan maaf kepada masyarakat, terutama umat Buddha terkait cuitannya yang memposting ulang Stupa Candi Borobudur yang diduga diedit mirip wajah Presiden Joko Widodo (Jokowi). Padahal, Roy Suryo bukan yang mengedit stupa Candi Borobudur.

Menurut dia, permohonan maaf ini disampaikan untuk menghindari terjadinya adu domba dan provokasi yang dilakukan oleh pihak lain, terkait kritikannya di twitternya mengenai tarif wisata Borobudur tersebut.

“Untuk itu, Roy Suryo secara terbuka dan gentle berani meminta maaf atas kegaduhan yang terjadi kepada masyarakat Indonesia terkait hal tersebut. Khususnya, Ummat Buddha yang dimungkinkan terkait akibat adanya meme tersebut, meski meme yang dimaksud jelas-jelas bukan buatannya,” kata Tim Penasehat Hukum Roy Suryo, Pitra Romadoni Nasution melalui keterangannya pada Kamis, 16 Juni 2022.

Pergerakan Pemudik Lebaran 2024 Capai 242 Juta Orang, Menhub Budi Beberkan Catatan dari Jokowi

Roy Suryo Laporkan Menag Yaqut Soal Adzan ke Polda Metro

Photo :
  • VIVA/M Ali Wafa

Survei LSI: Tingkat Kepuasan Publik pada Jokowi Naik 76,2 Persen

Sehingga, kata dia, tidak ada kesalahpahaman, rasa kebencian, dan kemarahan terkait permasalahan tersebut. Sebab, tidak ada sedikit pun niatan Roy Suryo dalam mengkritik kebijakan tarif wisata tersebut ke arah agama tertentu (SARA).
3 Faktor Pemicu Approval Rating Jokowi Masih Tinggi Versi Survei LSI


“Di Twit Roy Suryo yang diviralkan oleh pihak lain sebenarnya membahas terkait kenaikan harga tiket (tarif) yang mengkiritik dan berbicara mengenai kebijakan Wisata Candi Borobudur, bukan membahas agama. Sehingga tidak ada niatan untuk menghina agama tertentu, melainkan pihak lain yang ingin mencoba membawa ke arah SARA,” ujarnya.

Di samping itu, kata Pitra, Roy Suryo menyampaikan apresiasi kepada Ketua Umum HIKMAHBUDHI, Wiryawan justru sudah mengkomunikasikan langsung agar kondisi yang terjadi untuk tidak terpengaruh.

“Dengan situasi yang (sengaja) dibuat oleh BuzzerRp yang ingin mengadu domba antar umat beragama. Atas komunikasi yang sangat baik tersebut, Roy Suryo mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya,” jelas dia.
Menhan Prabowo Subianto bertemu dengan eks PM Britania Raya Tony Blair.

Tony Blair Ucapkan Selamat ke Prabowo Usai Menang Pilpres: Fantastis!

Pertemuan Tony Blair dengan Prabowo dilakukan di kantor Kementerian Pertahanan, Jumat hari ini.

img_title
VIVA.co.id
19 April 2024