Khofifah Bangga Bola Resmi World Cup 2022 Produksi Madiun Jatim

Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa saat melepas ekspor bola resmi World Cup
Sumber :
  • VIVA.co.id/ Nur Faishal (Surabaya)

VIVA – Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa mengaku bangga dengan provinsinya karena turut berkontribusi dalam ajang kejuaraan sepak bola dunia, World Cup 2022 di Qatar nanti. Pasalnya, bola dengan nama ‘Al Rihla’ yang resmi akan dipakai di World Cup 2022 nanti dipercayakan Adidas kepada PT Global Way Indonesia (GWI) yang berkedudukan di Pilangkenceng, Kabupaten Madiun, Jawa Timur.

5 Klub Sepakbola yang Sering Tampil di Final Liga Champions, Real Madrid Teratas?

"Semoga di Piala Dunia selanjutnya, bukan cuma bola, tapi Timnas Indonesia juga bisa berlaga. Aamiin ya rabbal alamin," kata Khofifah saat melepas 50.000 buah bola piala dunia ke lima negara, kemarin, dikutip VIVA pada Jumat, 17 Juni 2022.

Adapun tujuan ekspor bola produksi PT GWI tersebut yakni Uni Emirat Arab, Jerman, Inggris, Amerika Serikat dan Brazil. Kapasitas produksi pabrik tersebut mencapai 1 juta bola dalam setahun. Pelepasan ditandai dengan pemecahan kendi oleh Gubernur Khofifah bersama Bupati Madiun Ahmad Dawami Ragil Saputro dan General Manager Long Way Group Jeftha Wardojo.

Airlangga Tugaskan RK Maju Pilkada Jakarta, Bobby di Sumut dan Khofifah Jatim

Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa.

Photo :
  • VIVA.co.id/ Nur Faishal (Surabaya)

“Alhamdulillah hari ini kita bersama melepas ekspor bola kelima negara. Kelima negara tersebut kualitas sepak bolanya diakui dunia. Kita semua bahagia dan bangga bahwa dari Bumi Kampung Pesilat Kabupaten Madiun menghadirkan produksi bola kualitas piala dunia dan siap dilepas ekspor,” ujar Khofifah.

Target Tinggi Thierry Henry Bersama Timnas Prancis di Olimpiade 2024

Ia berharap capaian tersebut bisa menjadi pengungkit pertumbuhan ekonomi di seluruh Jawa Timur serta menjadi referensi dan gravitasi bagi sektor industri lainnya. Terlebih saat ini Jawa Timur tengah gencar memacu kebangkitan ekonomi yang sempat terkontraksi akibat pandemi COVID-19.

"Terima kasih karena saya diberi kesempatan untuk menyaksikan bahwa dari kampung pesilat kabupaten Madiun ini melalui Global Way Indonesia telah  diberi kepercayaan oleh Adidas untuk menyiapkan bola pada FIFA World Cup 2022 di Qatar. Ini kesempatan luar biasa," kata Khofifah. 

"Produksi GWI seratus persen ekspor. Mudah-mudahan bisa menjadi bagian dari pengungkit pertumbuhan ekonomi di Madiun serta Jawa Timur," ujar Khofifah.

Sementara itu, Bupati Madiun Ahmad Dawami Ragil Saputro mengatakan, kehadiran Gubernur Khofifah mampu menjadi penyemangat bagi seluruh masyarakat Kabupaten Madiun untuk bekerja lebih baik lagi. Sebagai Bupati Madiun pun ia baru mengetahui bahwa PT GWI memproduksi bola untuk internasional dan memiliki pabrik dengan standar internasional.

Pada kesempatan yang sama, General Manager Long Way Group Jeftha Wardojo mengatakan bahwa PT GWI memproduksi berbagai macam aksesoris olahraga termasuk bola. Jeftha menyampaikan, kali ini PT GWI menyiapkan sebanyak 50.000 bola untuk dikirim ke Amerika Serikat, Jerman, Uni Emirat Arab, Inggris, dan Brazil. "Mohon doanya semoga semua berjalan dengan baik," ujarnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya