Pengalaman Sholat Jumat Pertama di Masjidil Haram

Suasana Shalat Jumat di Masjidil Haram
Sumber :
  • MCH 2022

VIVA – Shalat Jumat perdana di Masjidil Haram bagi jemaah haji Indonesia memberikan pengalaman dan kesan mendalam. Hal itu dirasakan Hamidin, jemaah asal Bandung Jawa Barat yang ditemui usai shalat Jumat. 

Pelunasan Biaya Haji Ditutup pada 5 April, Kuota 213.320 Jemaah Reguler Sudah Terisi

“Alhamdulillah, bersyukur kepada Allah SWT bisa shalat Jumat di Masjidil Haram ini,” ujar Hamidin berkaca-kaca. Bersama rekannya satu kloter yang bersama ditemui di masjid, Hamidin harus menunggu selama 10 tahun bisa ke Tanah Suci. 

Hal senada disampaikan salah satu jemaah asal Cirebon, Suhana. Ia sejak pukul 07.30 pagi sudah berangkat ke masjid untuk mendapatkan tempat shaf paling depan di lantai 2 sehingga bisa melihat dan menghadap Ka’bah langsung.

Menag Yakin Populasi Muslim Digeser Pakistan Tak Berdampak Apapun Termasuk Kuota Haji

“Saya ingin menghadap langsung Ka’bah saat shalat, sehingga pagi-pagi saya berangkat ke Masjidil Haram agar dapat shaf paling depan, meski di lantai 2,” katanya, Jumat 17 Juni 2022.

Sehari-hari berdagang kelontong di kampungnya, ia menunggu 12 tahun untuk bisa ke berangkat haji.  “Pengalaman yang sangat mengesankan bisa shalat Jumat di Tanah Suci, di Masjidil Haram ini, subhanallah,” terangnya.  

Terakam Momen Haru Polisi Gendong Jemaah Umroh Disabilitas, Terima Ganjaran Ini

Shalat Jumat di Masjidil Haram dimulai pukul 12.22 was ditandai dengan kumandang adzan yang dilantunkan sahdu. Interval waktu setelah azan hingga khutbah Jumat kurang lebih 30 menit. Khatib menyampaikan khutbahnya dengan Bahasa Arab, relative singkat, dilanjutkan dengan shalat Jumat.

Kerja Sama Saudi Airlines dan Kemenag

Perjanjian Kerja Sama, Saudia Airlines Siap Angkut Ribuan Jemaah Haji Indonesia

Jemaah dan petugas yang akan menggunakan layanan Saudia Airlines tersebar di 11 provinsi yang akan diberangkatkan melalui lima embarkasi.

img_title
VIVA.co.id
8 April 2024