Padang Arafah, Tempat Pelaksanaan Puncak Ibadah Haji

Jemaah haji memanjatkan doa di waktu-waktu terakhir mereka berada di Arafah
Sumber :
  • Twitter @HajMinistry

VIVA – Padang Arafah merupakan tempat yang menjadi pelaksanaan kegiatan Ibadah haji dan pertemuan bagi Jemaah haji dari seluruh dunia. Tempat ini sering disebut sebagai padang Arafah ini menjadi tempat berlangsungnya kegiatan wukuf pada 9 Dzulhijah yang menjadi tanggal inti dari ibadah haji.

Kemenag Pastikan 75.572 Visa Jemaah Haji Reguler Indonesia Sudah Terbit

Padang Arafah berada di kawasan tenggara Masjidil Haram. Sudah sejak beberapa tahun lalu padang Arafah baru ditanami pohon yang jumlahnya hingga lebih dari 100.000 pohon yang dimaksudkan untuk menyejukkan kawasan tersebut.

Arafah sendiri berasal dan diambil dari kata yang memiliki arti mengenal atau mengakui, hal ini tidak terlepas karena manusia memang seharusnya mengenal jati diri dan menyadari atas dosa-dosa yang telah diperbuatnya.

Pelunasan Biaya Haji Ditutup pada 5 April, Kuota 213.320 Jemaah Reguler Sudah Terisi

Wukuf di Padang Arafah. Jemaah sakit mengikuti safari wukuf dengan bus dan ambulans.

Photo :
  • Antara/Maha Eka Swasta

M Quraish Shihab dalam buku yang berjudul Haji dan Umrah menuliskan informasi bahwa Nabi Ibrahim memperoleh penjelasan tentang manasik haji dari malaikat Jibril di padang Arafah.

Terakam Momen Haru Polisi Gendong Jemaah Umroh Disabilitas, Terima Ganjaran Ini

Literasi lain menyebutkan bahwa Arafah memiliki arti pengetahuan, karena Arafah menjadi tempat perjumpaan antara Adam dan Hawa. Kedua manusia pertama itu memiliki rasa saling memahami dan itu merupakan syarat pengetahuan yang sangat dasar.

Para Jemaah dari Mekah menuju padang Arafah pada tanggal 9 Dzulhijah merupakan bentuk refleksi bahwa sesungguhnya kita berasal dari Allah, sekembalinya dari Arafah Jemaah ke mekah pada hari selanjutnya merupakan wujud refleksi sesungguhnya manusi kepada Allah SWT.

Pada hari itu juga merupakan hari wukuf yang diartikan sebagai hari terbanyak Allah SWT mengampuni manusia dari dosa-dosa dan banyak manusia dibebaskan dari neraka.

Ibadah Wukuf di Arafah dimulai saat matahari menyingsing hingga matahari terbenam. Saat melakukan wukuf yang dilakukan adalah salat jamak takdim dan qashar Zuhur-Ashar, berdoa, dzikir, tilawah Quran dan sholat jamak takdim dan qashar maghrib-isya.

Saat di Arafah terdapat tenda-tenda yang sudah disiapkan oleh pemerintah Arab Saudi, tenda tersebut terdapat AC dan beralas karpet serta terdapat beberapa Kasur-kasur kecil yang dapat digunakan oleh Jemaah. Selain itu di padang Arafah juga tersedia Toilet untuk seluruh Jemaah dari seluruh penjuru dunia.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya