3.206 Jemaah Haji Indonesia Tiba di Jeddah Hari Ini

Ilustrasi Jemaah Haji
Sumber :
  • vstory

VIVA – Pada 20 Juni 2022 masa Operasional Penyelenggaraan Ibadah Haji Tahun 1443H/2022 memasuki hari ke-16. Hari ini juga merupakan hari kedua pemberangkatan jemaah haji gelombang 2. Berbeda dengan jemaah dari gelombang 1 yang menuju Madinah terlebih dahulu, kali ini seluruh jemaah haji mendarat di Bandara King Abdulaziz, Jeddah.

Setelah 9 Tahun, Jemaah Haji Iran Akhirnya Diperbolehkan Datang ke Mekah

Juru bicara Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Pusat Akhmad Fauzin menyampaikan dalam konferensi pers virtual di kanal YouTube Kemenag RI bahwa sebanyak 3.206 jemaah haji Indonesia telah sampai di Jeddah hari ini. Hingga sekarang, total jemaah haji Indonesia yang telah diberangkatkan ke Tanah Suci sebanyak 49.152 orang.

Jubir Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Arab Saudi Akhmad Fauzin.

Photo :
  • ANTARA/HO-Kemenag
Kementerian Haji Meminta Jemaah Umrah Harus Keluar dari Arab Saudi pada 6 Juni

Untuk keberangkatan jemaah ibadah haji pada hari ini akan diterbangkan sebanyak 8 kelompok terbang (kloter) dari 6 embarkasi yaitu BDJ, JKG, LOP, MES, SOC, dan SUB dengan jumlah sebanyak 3.204 orang.

Perincian sebagai berikut:

Kemenag Pastikan 75.572 Visa Jemaah Haji Reguler Indonesia Sudah Terbit
  • BDJ (Banjarmasin): 1 kloter dengan jumlah jemaah dan petugas 360 orang;
  • JKG (Jakarta Garuda Indonesia): 2 kloter dengan jumlah jemaah dan petugas 798 orang;
  • LOP (Lombok): 1 kloter dengan jumlah jemaah dan petugas 393 orang;
  • MES (Medan): 1 kloter dengan jumlah jemaah dan petugas 393 orang;
  • SOC (Solo): 1 kloter dengan jumlah jemaah dan petugas 360 orang;
  • SUB (Surabaya): 2 kloter dengan jumlah jemaah dan petugas 900 orang.

Data jemaah haji Indonesia yang sakit hingga kini terdapat 160 orang, 54 orang rawat jalan, 98 orang dirawat di Klinik Kesehatan Haji Indonesia, dan 8 orang dirawat di rumah sakit Arab Saudi. Kemudian jemaah haji yang wafat bertamah satu orang atas nama Sugiansyah Basuni M. Yamin dalam usia 50 tahun. Ia berasal dari embarkasi BDJ. sampai hari ini, jumlah jemaah haji Indonesia yang meninggal dunia sebanyak 7 orang.

Akhmad Fauzin juga mengumumkan kalau pemerintah akan membadalkan (menggantikan) ibadah haji jemaah yang wafat sebelum wukuf di Arafah.

Untuk cuaca di Arab Saudi saat ini, suhu tertinggi mencapai 46°C sementara suhu terendah berada di angka 32°C. Akhmad menghimbau jemaah haji Indonesia untuk membatasi aktivitas di luar ruangan, menjaga kesehatan, minum banyak air, serta istirahat yang cukup agar selama rangkaian ibadah haji kondisi badan tetap terjaga. 

Ia tak luput memperingatkan jemaah untuk menggunakan masker ketika berkumpul di dalam ruangan terutama ketika di masjid mengingat pelaksanaan haji tahun ini masih dalam pandemi COVID-19. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya