Ketum PBNU Pastikan Akan Bantu Mardani Maming

Mardani H Maming.
Sumber :
  • Istimewa.

VIVA – Ketua Umum PBNU KH Yahya Cholil Staquf memastikan, tetap akan memberi bantuan terhadap Mardani Maming, yang saat ini menghadapi persoalan hukum di Komisi Pemberantasan Korupsi atau KPK. Mardani adalah Bendahara Umum PBNU, dan juga politisi PDIP.

Anak Buah SYL Video Call Bahas 'Orang KPK' dan 'Ketua': Siapin Dolar Nanti Kami Atur

KPK telah meminta kepada Ditjen Imigrasi Kementerian Hukum dan HAM untuk mencegah Maming berpergian ke luar negeri.

Gus Yahya, sapaan akrab Kiyai Yahya Cholil Staquf, mengaku baru mendengar kabar yang menimpa Maming. Gus Yahya mengatakan, saat ini PBNU akan mendalami kasus yang menjerat Maming. Juga akan meminta penjelasan dari yang bersangkutan. PBNU juga siap memberikan bantuan apabila dibutuhkan.

Eks Sespri Sekjen Ungkap BAP KPK Bocor ke Pejabat Kementan

Ketum PBNU KH Yahya Cholil Staquf Dalam Konferensi Pers

Photo :
  • VIVA/ Anwar Sadat

"Jelas NU akan memberikan bantuan sebagaimana mestinya," kata Gus Yahya, saat ditemui di Hotel Sultan, Jakarta, Senin malam 20 Juni 2022.

Jaksa Sebut SYL Bayar Tagihan Kartu Kredit Ratusan Juta Pakai Uang Hasil Korupsi di Kementan

Gus Yahya mengatakan, PBNU belum dapat menentukan langkah apa yang akan diambil sebelum jelas duduk perkaranya terlebih dahulu. Maka dari itu, PBNU akan menunggu keterangan resmi dari instansi terkait mengenai status hukum Maming.

"Dalam organisasi ya kita harus jelas dulu ini urusannya apa, karena ini baru berita di media dan kita belum mengetahui secara lengkap," ujarnya

Gus Yahya mengaku, sampai saat ini dirinya belum berkomunikasi dengan Maming semenjak beredarnya kabar tersebut. 

"Dan kita akan prescon sebagaimana mestinya menurut norma-norma yang ada baik secara hukum maupun dalam konteks norma internal PBNU," ujar Gus Yahya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya