Ancaman Krisis Pangan, Jokowi Ingin Lahan Terlantar Dimanfaatkan

Presiden Jokowi Ikut Menanam Jagung di Kabupaten Sorong, Papua Barat
Sumber :
  • Agus Suparto/ Fotografer Presiden

VIVA – Presiden Joko Widodo, meminta para menteri Kabinet Indonesia Maju untuk meningkatkan produksi di tengah ancaman krisis pangan. Oleh karena itu, Presiden memerintahkan jajaran menteri agar mengambil langkah dalam waktu yang pendek.

Pergerakan Pemudik Lebaran 2024 Capai 242 Juta Orang, Menhub Budi Beberkan Catatan dari Jokowi

Diantaranya, kata Jokowi, adalah dengan memanfaatkan lahan yang tidka digunakan untuk memperluas lahan tanam. Misalnya menanam jagung dan kedelai untuk mengurangi impor.

“Lahan kita ini sangat luas, karena sisanya sangat banyak. HGU (hak guna usaha) yang terlantar juga masih sangat banyak,” kata Jokowi dalam Sidang Kabinet Paripurna di Istana Kepresidenan pada Senin, 20 Juni 2022.

Daftar Harga Pangan 19 April 2024: Bawang hingga Telur Naik

Selain itu, Jokowi juga meminta agar lahan sawit bisa dimanfaatkan. Yakni memanfaatkan lahan itu untuk tanaman jangka pendek. Bahkan, petani pun yang bisa dipekerjakan sangat banyak. Tentu, jika stoknya sudah penuh akan gampang sekali untuk memasarkan bahan pangan.

“Saya sampaikan berkali-kali misalnya sawit, itu kan sebetulnya bisa ditanami jangka pendek ditanami jagung,” jelas dia.

Deretan Negara Ini Tercatat Dilanda Kelaparan Terburuk Sepanjang Sejarah

Dengan begitu, kata dia, apabila semua bisa dimanfaatkan secara maksimal dalam jangka pendek, baik lahan yang luas maupun sumber daya manusia petani yang besar. Maka, Indonesia punya potensi yang besar untuk ekspor sehingga tidak lagi bergantung pada impor.

“Bayangkan kalau kita bisa memproduksi pangan dalam jangka yang pendek, kita terapkan semuanya, bukan hanya berdikari mandiri di bidang pangan, tapi kita sekali lagi memiliki potensi untuk ekspor, dan permintaan itu sudah masuk banyak sekali,” jelasnya.

Menhan Prabowo Subianto bertemu dengan eks PM Britania Raya Tony Blair.

Tony Blair Ucapkan Selamat ke Prabowo Usai Menang Pilpres: Fantastis!

Pertemuan Tony Blair dengan Prabowo dilakukan di kantor Kementerian Pertahanan, Jumat hari ini.

img_title
VIVA.co.id
19 April 2024