Profil Mardani Maming, Kader PDIP Bendum PBNU Dicekal KPK

Mardani H Maming.
Sumber :
  • Istimewa.

VIVA – Nama Mardani Maming sekarang menjadi sorotan setelah dirinya dicegah oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) untuk tidak bepergian ke luar negeri terkait dugaan kasus korupsi yang kaitannya dengan Mardani.

Alasan Kejaksaan Agung Izinkan 5 Smelter Timah Tetap Beroperasi Meski Disita

Mardani Maming merupakan pria kelahiran Batulicin, 17 September 1981. Namanya pernah tercatat di rekor MURI saat dirinya menjadi bupati ter-muda se-Indonesia, saat itu umurnya baru 29 tahun saat dilantik menjadi Bupati di Kabupaten Tanah Bumbu masa jabatan 2010-2015.

Mardani kini menjadi Bendahara Umum (Bendum) dalam kepengurusan Nahdatul Ulama (PBNU) tahun 2022 hingga tahun 2027, serta menjabat juga sebagai Ketua BPP HIPMI 2019-2022.

Usai PDIP, Giliran Edy Rahmayadi Daftar Bakal Cagub Sumut 2024 dari PKS

Mardani H Maming.

Photo :
  • Istimewa.

Mardani juga merupakan kader dari Partai Demokrasi Indonesia (PDI) Perjuangan itu menjabat sebagai Bupati Tanah Bumbu selama dua periode hingga tahun 2018.

Pasca Putusan MK, Pengamat Nilai Relasi Ini yang Bisa Membuat PDIP Gabung ke Prabowo

Ia merupakan suami dari Hj. Erwinda yang menggeluti bisnis dan ia juga menjadi komisaris di PT. Bina Usaha. Hal tersebut membuat mardani tidak hanya hebat di dunia politik, tetapi juga di dunia bisnis yang digelutinya.

Mardani di dalam dunia pendidikan menempuh studinya di Fakultas Hukum Unlam, Banjarmasin.

Sebelum dirinya menjabat sebagai Bupati Muda Tanah Bumbu, Mardani sepat menduduki posisi Komisaris di PT. Bina Usaha, Anggota DPRD Kabupaten Tanah Bumbu Fraksi PDIP, lalu menjadi Bupati selam dua periode.

Hingga saat ini belum diketahui jenis korupsi yang menjerat dirinya hingga membuat Mardani Maming dicegah oleh KPK untuk bepergian ke luar negeri. KPK sendiri pun belum berkomentar atas status hukum Mardani, tetapi pencegahan bisanya dilakukan saat seseorang yang diduga berada di tahap penyidikan.

“Intinya kalau sudah ada upaya paksa, penggeledahan, penyitaan, itu sedang ada di tahap penyelidikan.” Ujar Wakil Ketua KPK Alexander Marwata kepada wartawan di Gedung ACLC pada Senin, 20 Juni 2022.

Juru bicara KPK, Ali Fikri juga telah membenarkan bahwa adanya pencegahan terhadap dua orang.

“Berdasarkan informasi yang diterima, benar, KPK telah mengajukan permohonan pencegahan kepada pihak imigrasi terhadap dua orang yang memiliki kaitannya dengan dugaan korupsi yang saat ini sedang di dalam proses penyelidikan.” Tutur Ali.

Mardani Maming pun belum berkomentar terkait pencagahan dirinya. Tetapi, Nama Mardani Maming yang dilansir dari Antara pernah disebut dalam perkara dugaan korupsi peralihan izin usaha pertambangan di Tanah Bumbu, Kalimantan Selatan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya