Selamat Ulang Tahun Presiden Jokowi

Presiden Joko Widodo
Sumber :
  • ANTARA/Gilang Galiartha

VIVA – Presiden Joko Widodo atau yang akrab disapa Jokowi genap berusia 61 tahun pada hari ini, Selasa 21 Juni 2022. Presiden ke-7 Republik Indonesia ini lahir pada 21 Juni 1961 di Surakarta, Jawa Tengah. Jokowi merupakan anak sulung dari pasangan Widjiatno Notomihardjo dengan Sudjiatmi.  

Jokowi Resmikan 147 Bangunan yang Direhabilitasi Pasca Gempa di Sulawesi Barat

Suami dari Iriana ini mempunyai nama kecil Mulyono. Saat ini, Presiden Jokowi mempunyai tiga orang anak bernama Gibran Rakabuming Raka, Kahiyang Ayu, dan Kaesang Pangarep. Kecuali Kaesang, dua anaknya sudah menikah dan mempunyai anak yang bernama Jan Ethes Srinarendra, Sedah Mirah, dan La Lembah Mirah.

Jokowi menempuh pendidikan di Fakultas Kehutanan Universitas Gadjah Mada (UGM) dan memulai kariernya sebagai seorang pengusaha mebel. Kemudian ia berubah haluan dengan meniti karier di dunia pemerintahan dengan menjadi seorang Wali Kota Surakarta. Tak berhenti di situ, Jokowi melanjutkan dengan menjadi Gubernur DKI Jakarta. 

Sosok Jenderal Termuda di Lingkungan Polri, Raih Bintang Satu Saat Berusia 45 Tahun

Kala itu, Jokowi berpasangan dengan Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok. Tidak sampai habis masa jabatannya, Jokowi pun dicalonkan sebagai presiden tahun 2014. Kala itu, ia berpasangan dengan Jusuf Kalla dan sukses menumbangkan pesaingnya, Prabowo Subianto dan Hatta Rajasa. 

Dan pada tahun 2019 kemarin, Jokowi kembali mencalonkan diri untuk menjadi pemimpin Indonesia pada periode kedua. Ia didampingi oleh KH Ma’ruf Amin, Jokowi sukses memenangkan perhelatan terbesar di Tanah Air dengan mengalahkan Prabowo Subianto dan Sandiaga Salahuddin Uno. 

Jokowi Hopes Panua Pohuwato Airport in Gorontalo Can Boost Local Economy

Ucapan Selamat Ulang Tahun

Di ulang tahunnya yang ke-61 tahun, orang nomor satu di Indonesia ini mendapatkan banyak doa dan ucapan dari publik. Salah satunya yang ada di dalam kolom komentar unggahan Sekretariat Kabinet RI. Sampai saat ini, sudah ada 321 orang mengomentari unggahan itu dengan ucapan dan doa ulang tahun. 

“Selamat ulang Tahun Presiden RI Joko Widodo Semoga selalu diberikan kesehatan serta perlindungan dalam memimpin negara menuju Indonesia Maju. #SosokKabinet,” dikutip dari akun Instagram Sekretariat Kabinet Republik Indonesia @sekretariat.kabinet, pada Selasa 21 Juni 2022. 

Kemudian salah satu menteri di kabinet Indonesia Maju, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno, juga turut mengucapkan dan mendoakan Presiden Jokowi. Ia mengunggah sebuah video yang disertai dengan ucapan doa di ulang tahun Jokowi ke-61 tahun itu. 

"Selamat ulang tahun Bapak presiden RI @Jokowi yang ke-61 tahun, barakallah fii umrik. Saya, keluarga serta juta-an masyarakat Indonesia akan selalu mendoakan bapak, semoga Allah SWT melimpahkan sebanyak-banyaknya rahmat, karunia, nikmat sehat, rezeki berlimpah yang barokah, terus-menurs dalam lindungan Allah SWT AAmiin Ya Rabbal'alamin" tulis Sandiaga.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya