Profil Marcell Siahaan yang Dilantik Sebagai Komisioner LMKN

Marcell Siahan
Marcell Siahan
Sumber :
  • instagram.com/rimamelati

VIVA – Marcell Siahaan terpilih sebagai anggota komisioner Lembaga Manajemen Kolektif Nasional (LMKN) pada Senin, 20 Juni 2022. 

Pelantikan tersebut diselenggarakan di Aula Oemar Seno Adji, Kuningan, Jakarta Selatan. Dihadiri oleh Edward Omar Sharif Hieraiej, Wakil Menteri Hukum dan HAM (Wamenkumham).

Marcell Siahaan terpilih sebagai anggota komisioner LMKN. Ia akan bekerja sama dengan musisi senior Ikke Nurjanah dalam menjalani tugas.

Profil Marcell Siahaan

Marcell Siahaan.

Marcell Siahaan.

Photo :
  • Instagram/marcellsiahaans

Marcellius Kirana Hamonangan Siahaan atau yang biasa dikenal dengan Marcell. Ia lahir di Bandung, 21 September 1977. Marcell memiliki keturunan darah Batak, Jawa, dan Ambon. 

Marcell juga dikenal sebagai seorang penyanyi dengan lagu-lagunya yang terkenal. Salah satu lagunya yang terkenal, yaitu Peri Cintaku, Takkan Terganti, Jangan Pernah Berubah, Kini, dan lain-lain.

Salah satu yang membuat karirnya melejit saat berduet dengan penyanyi Shanty dalam lagu Hanya Memuji yang hits kala itu. Lagu ini berhasil mendapatkan penghargaan dalam ajang AMI-Sharp Awards ke-6 untuk kategori Lagu Rekaman Terbaik.

Marcell dikelilingin dengan dunia musik yang mengalir di darahnya. Ayahnya, Paian Siahaan, S.H adalah salah satu pengarus terbesar Marcell Siahaan dalam mencintai musik rock klasik dan membuatnya bergabung dalam band Puppen dengan aliran rock. Ibunya, R.A. V. Indrasari, Marcell menyukai pemusik nasional, seperti Broery Pesolima, Keenan Nasution, Chrisye, dan Yockie Soerjoprajogo.

Pada tahun 2001, Marcell bergabung dengan paduan suara Glorify the Lord Ensemble pimpinan Daud P.M Saba. Marcell berkata paduan suara ini berkontribusi besar bagi karir bernyanyinya. 

DI tahun 2003 ia merilis album perdananya berjudul Marcell. Lalu di tahun 2004 mengeluarkan re-packaged dengan tambahan dua lagu baru ciptaan Tengku Shafick, yaitu Ku Tak Mendua dan Mendendam.

Marcell mulai merilis album keduanya berjudul Denganmu tahun 2006. Hingga di tahun 2008, Marcell mengeluarkan album ketiganya yang berjudul Hidup. Ia bekerja sama dengan seorang produser, musisi, dan juga gitaris handal Indonesia.

Marcell Siahaan

Marcell Siahaan

Photo :
  • flickr.com

Selain sepak terjangnya di dunia musik, Marcell Siahaan juga pernah membintang film layar lebar Andai ia Tahu pada tahun 2002. Tahun 2005, ia berakting di layar kaca dalam sebuah sinetron berjudul Kapan Kita Pacaran Lagi? bersama Macella Zalianty dan Davina Veronica. Marcell berhadil menjadi nominator Piala Vidia tahun 2005 untuk kategori Aktor Pria Terbaik. 

Pada 28 Januari 2009 di Kampung Glam, Singapura, Marcell Siahaan menikah untuk kedua kalinya dengan mantan finalis Miss Singapore Universe 2001, Rima Melati Adams yang berkewarganegaraan Inggris. Di tahun 2011 Marcell memutuskan untuk memeluk agama Islam.