2.098 Jemaah Haji Jalani Pengobatan di KKHI Mekah, Mayoritas Dehidrasi

Klinik Kesehatan Haji Indonesia (KKHI) Mekah, Arab Saudi
Klinik Kesehatan Haji Indonesia (KKHI) Mekah, Arab Saudi
Sumber :
  • MCH/Zaky Al Yamani

VIVA – Klinik Kesehatan Haji Indonesia (KKHI) Mekkah saat ini melakukan rawat jalan terhadap 2.098 jemaah. Dari jumlah ini, paling banyak mengalami dehidrasi, hipertensi, dan diabetes.

“Biasanya jemaah mengalami tekanan darah meningkat karena dehidrasi sehingga perlu kontrol. Sering kali akibat penyakit-penyakit bawaan di tanah air terus kambuh,” kata Kasi Kesehatan PPIH Arab Saudi, M Imran Saleh di KKHI Mekah, Selasa 21 Juni 2022.

Untuk menghindari dehidrasi, dr Imran menyarankan agar jemaah minum air putih sesering mungkin. Minum sebelum haus adalah hal yang harus dilakukan selama di Arab Saudi mengingat cuaca panas yang cukup ekstrem.

“Sekarang cuaca panas sekali, selain minum sebelum haus juga gunakan payung jika ke luar di jam 9 sampai 5 sore. Jangan lupa bawa semprotan air untuk mendinginkan permukaan kulit, juga selalu gunakan alas kaki,” ujarnya.

Klinik Kesehatan Haji Indonesia (KKHI) Daker Madinah.

Klinik Kesehatan Haji Indonesia (KKHI) Daker Madinah.

Photo :
  • Media Center Haji.

dr Imran mencontohkan kasus kaki melepuh di Madinah yang menimpa 8 jemaah terjadi karena jemaah tidak memakai sandal saat keluar dari Masjid Nabawi.

Dengan kondisi panas dengan kelembapan di Arab Saudi yang kurang dari 20 persen, panas akan sangat menyengat dan berpotensi membuat jemaah mengalami heat stroke