Viral Penunggang Kuda Palak Wisatawan, Balai Besar TNBTS Angkat Suara

Viral Pengunjung Bromo Dipalak Penunggang Kuda Rp50 Ribu
Viral Pengunjung Bromo Dipalak Penunggang Kuda Rp50 Ribu
Sumber :
  • TikTok@aldidutcho

VIVA – Balai Besar Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS) berusaha melakukan penelusuran fakta atas beredarnya video wisatawan dipalak oleh seorang penunggang kuda, yang diduga pelaku jasa wisata persewaan kuda di kawasan lautan pasir Gunung Bromo. 

Video pengunjung Gunung Bromo dipalak penunggang kuda viral di media sosial. Ada dua video, pertama pada akun instagram @h.aldy.507 yang diunggah pada Minggu, 19 Juni 2022. Video viral kedua diunggah oleh akun TikTok @aldidutcho, pada Senin, 20 Juni 2022. 

"Kalau ke Bromo hati-hati jangann sukur sukur ambil video...Ini pengalaman pahit saya..midioin kuda orangnya malah-malak saya 50 ribu," tulis aldidutcho pada caption video unggahannya dikutip VIVA, Selasa 21 Juni 2022. 

Kepala Sub Bagian Data Evaluasi Pelaporan dan Humas Balai Besar Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS) Syarif Hidayat mengatakan, bahwa beredarnya video itu memunculkan pro kontra di kalangan netizen. Banyak dari netizen yang meminta klarifikasi dari Balai Besar TNBTS atas beredarnya video itu. 

"Sampai dengan saat ini kami telah berusaha melakukan penelusuran fakta lapangan dari kejadian tersebut. Mengingat video yang diunggah pada dua akun tersebut bukan berupa video yang utuh. Sehingga membutuhkan klarifikasi dari kedua belah pihak," kata Syarif, Selasa, 21 Juni 2022. 

"Jika melihat dari video yang beredar tersebut, diduga kejadian tersebut merupakan kesalahpahaman penyedia jasa layanan kuda dengan pengunjung. Dan bukan gambaran umum dari pelaku penyedia jasa wisata kuda pada umumnya. Serta tidak ada kaitannya dengan PNBP atau tarif masuk atau kegiatan di kawasan," tambahnya. 

Sebelumnya, tampak penunggang kuda, diduga penyedia jasa sewa kuda, sedang berjalan di kawasan Gunung Bromo direkam dari belakang oleh pengunjung. 

Melihat dirinya direkam, ia balik arah dan meminta uang kepada pengunjung atau wisatawan tersebut.

"Uangnya mana?," minta penunggang kuda.

"Oh harus gitu ya, aku hapus," jawab pengunjung.

"Uangnya mana, 50 ribu. Kamu syuting gak bilang-bilang dari belakang, meskipun dihapus, uangnya mana," minta penunggang kuda

"oke-oke," jawab pengunjung.

Itulah terdengar percakapan antara pengunjung Gunung Bromo dan penunggang kuda yang terekam dalam video viral tersebut.

"Saya sebagai wisatawan sangat kecewa sekali...tolong pada pengelola Bromo dibrantas pemalak-pemalak...," tulis aldidutcho.

Namun, dalam unggahan video itu belum ada klarifikasi dari pihak penungggang kuda maupun dari penggelola kawasan wisata Gunung Bromo.

Baca juga: Viral Pengunjung Bromo Dipalak Penunggang Kuda Rp50 Ribu