Jokowi ke IKN, Tinjau Proyek Infrastruktur Termasuk Istana Presiden

Presiden Jokowi dan Sejumlah Menteri Kabinet di Titik Nol IKN
Presiden Jokowi dan Sejumlah Menteri Kabinet di Titik Nol IKN
Sumber :
  • Sekretariat Presiden

VIVA – Pembangunan sejumlah infrastruktur di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara di Kalimantan Timur, terus berjalan. Diantaranya adalah Istana Negara hingga lapangan Istana Kepresidenan. Rencananya, upacara 17 Agustus pada 2024 akan digelar di sini.

Presiden RI Joko Widodo dijadwalkan meninjau sejumlah proyek di lokasi Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara di Kecamatan Sepaku, Kabupaten Penajam Paser Utara, Provinsi Kalimantan Timur pada Rabu (22/6),

"Proyek yang akan ditinjau oleh Presiden besok, antara lain, Bendung Sepaku-Semoi dan Persemaian Modern IKN di Kelurahan Mentawir, Kecamatan Sepaku," ujar Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Kaltim M Faisal di Samarinda, Selasa, dikutip dari Antara.

Presiden juga akan mengunjungi lokasi yang akan dibangun berbagai infrastruktur di kawasan IKN Nusantara, seperti lokasi yang akan dibangun Gedung Istana Negara, Kantor Presiden, dan lapangan upacara di kawasan Istana Kepresidenan.

Sejumlah infrastruktur tersebut, katanya, segera dibangun oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), bahkan proyek tersebut sudah memasuki lelang.

Berdasarkan harga perkiraan sendiri (HPS) Kementerian PUPR, untuk pembangunan Gedung Kantor Presiden senilai Rp1,6 triliun, pembangunan Gedung Istana Negara senilai Rp1,4 triliun, manajemen konstruksi pembangunan Istana Negara dan lapangan upacara di kawasan Istana Kepresidenan senilai Rp27,8 miliar.

Setelah mengunjungi kawasan IKN Nusantara, lanjut Faisal, Presiden kemudian menuju ke Samarinda untuk menghadiri pembukaan Kongres Majelis Permusyawaratan Agung (MPA) Perhimpunan Mahasiswa Katolik Republik Indonesia (PMKRI) yang digelar di Convention Hall Sempaja.