Sahroni: Eks Murid Sekolah Khilafatul Muslimin Perlu Bimbingan

Papan nama markas Khilafatul Muslimin wilayah Kota Solo yang dipasang di salah s
Papan nama markas Khilafatul Muslimin wilayah Kota Solo yang dipasang di salah s
Sumber :
  • VIVA/Fajar Sodiq

VIVA – Wakil Ketua Komisi III DPR RI, Ahmad Sahroni mendukung langkah Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) untuk memberikan bimbingan konseling kepada anak-anak yang sempat menjadi murid di sekolah terafiliasi kelompok Khilafatul Muslimin.

“Saya mendukung penuh BNPT yang akan bekerja sama dengan pemerintah daerah untuk memberikan bimbingan konseling kepada anak-anak, yang terdata pernah bergabung di sekolah terafiliasi Khilafatul Muslimin,” kata Sahroni melalui keterangannya pada Rabu, 22 Juni 2022.

Menurut dia, ini merupakan tanggung jawab bersama untuk memastikan kondisi mental maupun psikologis anak-anak tersebut tidak terganggu dengan paham intoleran. “Karena emang ajaran intoleransi ini harus diberantas sejak dini,” ujar Anggota Fraksi Partai NasDem ini.

Selain itu, Sahroni mengapresiasi langkah yang diambil BNPT terhadap kelompok Khilafatul Muslimin dengan baik dan terarah. Bahkan, mereka komitmen untuk memantau organisasi ini dan berbagai organisasi radikal lainnya.

“Jadi merupakan langkah yang tepat untuk terus memantau organisasi ini dan berbagai organisasi ‘radikal’ lainnya,” jelas dia.

Diketahui, Kepala Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT), Komjen Boy Rafli Amar menyebut bahwa Khilafatul Muslimin bukan organisasi terorisme. Menurut dia, organisasi ini masih dikategorikan sebagai organisasi yang memiliki konteks intoleran. 

Selain itu, Boy juga mengatakan pihaknya akan mencari solusi atas anak-anak yang sempat menjadi murid di sekolah-sekolah yang terafiliasi dengan organisasi Khilafatul Muslimin. Kemudian, BNPT tengah mengupayakan agar anak tersebut mendapat konseling dengan menggandeng pemerintah daerah.