Seniman Lukis Pasir untuk Meriahkan HUT Kota Jakarta ke-495 di Monas

Seniman Lukis Pasir Vina Candrawati di HUT Jakarta ke-495
Sumber :
  • Twitter @ArizaPatria

VIVA – Setiap tanggal 22 Juni menjadi hari perayaan bagi HUT Kota Jakarta pada setiap tahunnya. Pada perayaan HUT Kota Jakarta 2022 atau Jakarta Hajatan ke-495 diadakan upacara di Monumen Nasional (Monas) yang dipimpin oleh Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan pada Rabu, 22 Juni 2022. 

Geger Seorang Pegawai Museum Pajang Karya Seninya Dekat Lukisan Legendaris

Ada hal menarik dalam perayaan HUT Kota Jakarta ke-495 ini, di mana dalam salah satu acaranya ditampilkan aksi dari seorang seniman lukis pasir bertalenta yakni Vina Candrawati. Lukisan pasir itu mewarnai acara perayaan HUT Kota Jakarta ke-495 di Monas dengan ditampilkan dengan layar besar. 

Vina Candrawati yang merupakan seorang seniman lukis pasir tersebut menggambarkan sejarah singkat Kota Jakarta yang kini berusia 495 tahun sembari diiringi oleh alunan musik dan narasi. 

Hari Kesadaran Autisme Sedunia, Gimana Cara Tunjukkan Kepedulian?

Selain itu, saat sang seniman melukis pasir tentang sejarah Kota Jakarta, disebutkan pula nama-nama yang pernah menjadi pemimpin di Kota Jakarta dari tahun ke tahun. Nama Anies Baswedan menjadi nama terakhir yang disebutkan sebagai gubernur yang menjabat saat ini. 

Selain itu dilukiskan dan dijelaskan juga Jakarta yang saat ini tengah sedang melakukan upaya untuk mensejajarkan diri dengan kota-kota besar yang ada di dunia. Seperti yang terlihat dalam video upacara virtual HUT Kota Jakarta ke-495 di Monas yang disiarkan melalui YouTube Pemprov DKI Jakarta. 

Akhir Tragis Penghina Nabi Muhammad SAW

Lukisan pasir meriahkan HUT Jakarta ke-495 di Monas

Photo :
  • Twitter @ArizaPatria

Terlihat Vina Candrawati melukis dengan pasir yang berbentuk sejumlah pembangunan yang dilakukan di Jakarta seperti proyek MRT, Jakarta International Stadium (JIS) hingga Formula E.

Momen seniman lukis pasir yang tampil dalam acara perayaan HUT Kota Jakarta ke-496 tersebut juga turut diabadikan oleh Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria atau akrab disapa Ariza melalui unggahan di akun Twitternya.

Dirinya mengunggah sebuah video yang memperlihatkan Vina Candrawati seniman pelukis pasir yang sedang melukis pembangunan di Jakarta yakni MRT. Ariza juga mengimbau agar kegiatan yang diadakan hendaknya selalu mengundang para seniman, budayawan, kesenian, tanjidor, tari, lenong dan lain sebagainya sebagai sebuah kesenian di Jakarta. 

“Mpok @VinaCandrawati Seniman Lukis Pasir tampil dlm Upacara HUT ke 495 Jakarta di Monas. Ada yg tahu pesan dr lukisannya? Yuk selalu undang seniman, budayawan, kesenian, tanjidor, tari, lenong, dll dalam kegiatan kita. Kesenian bagian utuh dari kegiatan, bukan pelengkap, trims,” tulis @ArizaPatria dalam cuitan Twitternya yang dikutip VIVA pada Rabu, 22 juni 2022. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya