Muhammadiyah Tetapkan 9 Juli Hari Raya Idul Adha

Ketua Umum PP Muhammadiyah Prof Haedar Nashir
Sumber :
  • VIVA/Cahyo Edi

VIVA – Muhammadiyah menetapkan Hari Raya Idul Adha 1443 H atau Hari Raya Idul Adha 2022 pada 9 Juli mendatang. Penetapan Hari Raya Idul Adha pada 9 Juli 2022 ini disampaikan oleh Ketua PP Muhammadiyah Haedar Nashir.

Dedie Rachim Kabarkan Idul Fitri Tingkat Kota Bogor Digelar Bersamaan 10 April

Haedar menerangkan terkait penetapan Hari Raya Idul Adha ini pihaknya berharap jika nantinya berbeda dengan tanggal yang ditetapkan pemerintah agar tak dijadikan masalah.

"Insyaallah 9 Juli Idul Adha. Baik sama maupun beda (dengan keputusan pemerintah), kami harap tidak menjadi masalah," kata Haedar di Yogyakarta, Rabu 22 Juni 2022.

8 Waktu yang Diharamkan untuk Berpuasa Menurut Ajaran Islam

Haedar menuturkan potensi perbedaan perhitungan jatuhnya hari raya agama Islam akan terus terjadi karena sampai saat ini belum ada kalendar Hijriah yang berlaku secara global. Termasuk perbedaan penetapan hari raya agama Islam antara Muhammadiyah dengan pemerintah.

Permasalahan perbedaan penetapan hari raya agama Islam ini disebut Haedar tak hanya terjadi di Indonesia saja namun juga terjadi dibanyak kawasan.

Didukung Lebih dari 30 Negara, Idul Fitri-Idul Adha Kini Diakui UNESCO sebagai Hari Besar Keagamaan

"Kalau misal besok ada perbedaan, sikapi saja sebagai hal yang biasa. Yang penting semua menghayati ibadah korban dan lebih-lebih di era pandemi ini," tutur Haedar.

"Kami mengimbau kepada umat Islam yang punya kelebihan, untuk berkurban. Mari kita syiarkan, gelorakan berkurban," sambung Haedar.

Baca juga: Dubes Inggris Temui Ketum PP Muhammadiyah, Ini yang Dibahas

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya