RI Dapat Tambahan Kuota Haji 10 Ribu, DPR: Sudah Nggak Mungkin

Ketua Komisi VIII DPR Yandri Susanto.
Sumber :
  • VIVA.co.id/ Lilis Khalisotussurur

VIVA – Ketua Komisi VIII DPR RI, Yandri Susanto membenarkan pemerintah Arab Saudi memberikan kuota tambahan jemaah haji Indonesia sebanyak 10 ribu jemaah. Pemberian tambahan kuota ini dilakukan di tengah pemberangkatan jemaah haji gelombang kedua dari Indonesia ke Tanah Suci.

Perjanjian Kerja Sama, Saudia Airlines Siap Angkut Ribuan Jemaah Haji Indonesia

Diketahui, pada musim haji 1443 Hijriah/2022 ini, pemerintah Arab Saudi memberikan kuota jemaah haji Indonesia sebanyak 100.051 orang (92.825 haji reguler dan 7.226 haji khusus). Pemberangkatan jemaah haji ini dilakukan dalam dua gelombang.

Yandri menilai kesiapan pemerintah terkait penambahan 10 ribu kuota jemaah haji ini sudah sangat mepet. Apalagi, closing date atau penutupan penerbangan haji di Arab Saudi itu ditetapkan 3 Juli 2022 atau sekitar 10 hari lagi. 

Hasto PDIP: Mbak Puan Ketua DPR Selanjutnya Sesuai Arahan Ibu Megawati

"Kalau sudah minggu depan kan sudah enggak mungkin. Kan closing date (penerbangan haji) tanggal 3. Kalau minggu depan tinggal seminggu lagi gimana ngatur orang yang berangkat. Kan banyak 10 ribu,"  kata Yandri saat dihubungi wartawan, Kamis, 23 Juni 2022.

Menurutnya, dengan waktu yang tersisa sudah sangat mepet, apalagi saat ini pemerintah masih dalam tahap memberangkatkan jemaah haji (kuota normal) gelombang kedua ke Bandara Jeddah, Arab Saudi. 

Mardiono: Kami Tetap Berjuang Cari Keadilan untuk Suara PPP yang Hilang Lewat MK

"Menurut saya sudah berat ini kalau seperti ini, karena dari sisi persiapan sudah enggak mungkin dan nanti bisa bikin berantakan," tegasnya

Sebelumnya, Forum Silaturahmi Asosiasi Travel Haji dan Umrah (SATHU) Fuad Hasan Masyhur menemui Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan ketika luhut pulang dari Arab Saudi. 

Ketum Sathu Fuad Hasan Masyhur menyambut kabar baik penambahan kuota haji sebanyak 10 ribu yang diberikan kepada Jemaah Indonesia oleh pemerintah Arab Saudi. Fuad menemui Luhut guna membahas terkait penambahan kuota haji tersebut. 

"Menko kita Pak Luhut Binsar Pandjaitan baru pulang dari Arab Saudi disana ia bertemu dengan putra mahkota Arab Saudi Muhammad bin Salman, dan kita mendengar kabar yang luar biasa, beliau bisa mendapatkan tambahan kuota 10 ribu," ungkap Fuad Hasan kepada tvOne seperti dilihat Kamis, 23 Juni 2022.

Fuad menilai penambahan haji reguler cukup sulit dilakukan karena pemerintah perlu melakukan koordinasi di masing-masing wilayah, dan untuk itu pihaknya akan segera berkoordinasi dengan Menteri Agama agar para asosiasi haji dapat memanfaatkan kuota haji tambahan tersebut terutama untuk haji khusus. 

Menurutnya ini merupakan kabar gembira bagi masyarakat khususnya calon jemaah haji di tanah air. "Ini kan jadi satu kabar gembira bagi masyarakat muslim yang ada di tanah air, tentunya dengan adanya penambahan kuota kita harus bergembira," ucapnya
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya