Strategi Paspampres Jaga Nyawa Jokowi Selama di Ukraina

Presiden Jokowi
Sumber :
  • VIVA.co.id/ Anwar Sadat

VIVA – Presiden Joko Widodo (Jokowi) berencana akan berkunjunh ke Kiev , Ukraina akhir bulan ini. Sejumlah persiapan telah dilakukan tim pengamanan Presiden untuk menjaga nyawa Jokowi dalam kunjungan ke negara yang tengah berkonflik tersebut.

Ini Deretan Menteri Jokowi yang Hadir di KPU Saksikan Penetapan Prabowo Presiden

Komandan Pasukan Pengamanan Presiden (Danpaspampres) Mayjen TNI Tri Budi Utomo mengatakan, bahwa Paspampres sudah mulai melakukan persiapan dari beberapa minggu lalu. Paspampres yang akan ikut serta sudah dilatih secara khusus untuk menjaga Jokowi.

Presiden Joko Widodo (tengah) didampingi Wakil Presiden Jusuf Kalla (kanan) berjalan bersama sejumlah kepala daerah dengan dikawal Paspampres di Istana Negara beberapa waktu lalu.

Photo :
  • ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay
Tiba di KPU, Prabowo: Kita Akan Mulai Kerja Keras

"Sudah mulai latihan, sampai hari ini sudah selesai kita latihan terkait dengan bagaimana kira kira kegiatan ataupun kejadian apa yang harus kita antisipasi kita sudah latihan. Contohnya penyelamatan dari kereta api, penyelamatan di Stasiunnya sendiri, di jalan seperti apa, mengescape beliau itu kita sudah latihan, itu dari teknisnya," kata Budi, kepada awak media, Kamis 23 Juni 2022

Kemudian, kata Budi, dari personel Paspampres sendiri juga sudah menyiapkan tim penyelamatan yang biasanya pada saat kegiatan tertentu tidak dibawa. Khusus untuk kunjungan Jokowi ini, Paspampres membawa personel tersebut dengan menggunakan pakaian PDL TNI. 

AHY Cuti Demi Hadiri Penetapan Prabowo-Gibran Jadi Presiden dan Wapres RI

"Tapi untuk main groupnya kita sendiri tetap penyelamatan dengan mengcover beliau secara langsung. Nanti kalau seandainya matan (tim penyelamatan) punya tugas masing-masing. Itu juga sudah kita siapkan, matan 10, main groupnya sendiri itu ada 19, kemudian advancenya 10 nanti yang akan berada di sana, memang kita sudah bagi," ujar Budi

Berbagai macam perlengkapan juga telah disiapkan untuk pasukan yang menjaga keamanan Kepala Negara.  Salah satu yang disiapkan yakni rompi antipeluru dan juga helm.

"Kita sudah siapkan helm rompi yang kemungkinan kalau memang berkenan digunakan untuk kegiatan di sana kita juga sudah siapkan semuanya," ujarnya
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya