Kepala Sekolah SMKN di Bandung Diduga Pungli PPDB, Ini Modusnya

Ilustrasi pendaftaran PPDB
Sumber :
  • antara

VIVA – Satuan Tugas Sapu Bersih Pungutan Liar (Saber Pungli) Jawa Barat menggelar Operasi Tangkap Tangan (OTT) Kepala Sekolah level SMK Negeri inisial DN diduga terlibat pungli dalam proses Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) 2022.

Tim Saber Pungli Depok Beraksi, Amankan 4 Orang dari Terminal Depok

Humas Saber Pungli Jawa Barat, Yudi Ahadiat menerangkan praktik tersebut diketahui berdasarkan laporan warga yang kemudian ditintaklanjuti dengan pengawasan ke lapangan.

"Pengaduan dari orang tua murid yang merasa keberatan terkait dengan adanya uang titipan, uang pramuka. Padahal, pramukanya masih lama," ungkap Yudi kepada wartawan, Jumat 24 Juni 2022.

Imbas Kematian Siswa Diduga Dianiaya, Kepala Sekolah SMKN 1 Nias Selatan Dibebastugaskan

Selain DN, empat orang ikut terjaring dalam di antaranya diduga Wakil Kepala Sekolah inisial EB, pegawai kontrak inisial TT dan TTG, kemudian operator inisial TS yang merupakan bagian dari panitia PPDB.

Hasil operasi itu, barang bukti uang senilai Rp40 juta diamankan. "40 juta itu dari 44 orang tua siswa kalau tidak salah. Namun, belum semuanya bayar," terangnya.

Siswa SMKN 1 Nias Selatan Tewas Diduga Karena Dianiaya Kepala Sekolah, Ini Kata Disdik Sumut

Modus pungli ini yaitu para terduga melayangkan pemberitahuan kepada korban bahwa memerlukan sumbangan untuk pembangunan sekolah. "Hasil pendalaman dari kasus ini akan dibawa ke gelar perkara," katanya. 

Baca juga: Ombudsman Terima Laporan Warga Bantul Dugaan Pelanggaran PPDB 2022

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya