Isu Utama RI dalam Pertemuan Anggota Negara G20

Pertemuan EDM-CSWG negara-negara anggota G20
Pertemuan EDM-CSWG negara-negara anggota G20
Sumber :
  • Dokumentasi KLKH

VIVA – Direktur Jenderal Pengendalian Perubahan Iklim Kementerian LHK, Laksmi Dhenwanthi mengatakan, sebanyak 196 delegasi hadir dalam pertemuan kedua yang berasal dari negara anggota G20, negara undangan, dan organisasi internasional. 

Laksmi yang juga sekaligus Chair 2nd EDM-CSWG pada saat pembukaan pertemuan Environment Deputies Meeting and Climate Sustainability Working Group (EDM-CSWG) negara-negara anggota G20 menyebut, negara yang hadir di anataranya 120 delegasi hadir secara faktual di Jakarta, dan 76 delegasi lainnya mengikuti pertemuan secara virtual.

Direktur Jenderal Pengendalian Perubahan Iklim Kementerian LHK, Laksmi Dhewanthi

Direktur Jenderal Pengendalian Perubahan Iklim Kementerian LHK, Laksmi Dhewanthi

Photo :
  • Dokumentasi KLKH

"Kepemimpinan Indonesia dalam pertemuan EDM-CSWG tercermin salah satunya dari berbagai isu prioritas yang disampaikan oleh Indonesia, sejak awal langsung mendapat dukungan dari negara-negara anggota, termasuk negara yang diundang, serta organisasi internasional," ujar Laksmi dalam keterangannya, Sabtu 25 Juni 2022.

Direktur Jenderal Pengendalian Pencemaran dan Kerusakan Lingkungan (PPKL) Kementerian LHK, Sigit Reliantoro yang juga sekaligus Co-Chair kali ini menerangkan, bahwa setelah pertemuan pertama di Yogyakarta, Indonesia telah menerima masukan atas studi-studi pembahasan untuk EDM-CSWG. 

Sigit kemudian menyampaikan apresiasi atas masukan dan partisipasi dari para delegasi.

“Kami menghargai dan berterima kasih atas masukan berharga Anda yang kami terima setelah pertemuan EDM-CSWG pertama,” ungkap Sigit.