Sejak Dini Hari, Sumbar Dua Kali Diguncang Gempa Bumi

Ilustrasi gempa bumi.
Ilustrasi gempa bumi.
Sumber :
  • Istimewa

VIVA – Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika, Stasiun Geofisika Kelas I Stasiun Padang Panjang mencatat dua kali gempa bumi dengan magnitodo yang cukup besar, pada Sabtu 25 Juni 2022 dini hari tadi.

Gempa bumi pertama, terjadi pada pukul 01.56 WIB dengan magnitude 4.9. Jenis gempa ini, merupakan gempa dangkal yang disebabkan aktivitas sesar Mentawai. Selain di Kabupaten Pesisir Selatan, gempa ini juga dirasa Sebagian warga di kota Padang. 

“Episenter gempa bumi ini, terletak pada koordinat 1.86 lintang selatan dan 100.36 bujur timur. Tepatnya, berlokasi di laut pada jarak 60 kilometer Barat Laut, Air Haji, Pesisir selatan,” kata Kepala Stasiun Geofisika Kelas I Padang Panjang, Suaidi Ahadi, Sabtu 25 Juni 2022.

Suaidi mengatakan, lindu yang terjadi akibat aktivitas sesar Mentawai ini tidak menimbulkan dampak kerusakan, maupun korban jiwa.

Lalu, gempa bumi kedua terjadi pada pukul 09.31 WIB dengan magnitude 4.0. Gempa ini, berpusat di 2.98 lintang selatan dan 100.85 bujur timur atau berjarak 51 kilometer timur laut Pulau Pagai Selatan, Kabupaten Kepulauan Mentawai dengan kedalaman 10 kilometer.

“Kita imbau masyarakat agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya,” tutup Suaidi Ahadi.