Sejak Dini Hari, Sumbar Dua Kali Diguncang Gempa Bumi

Ilustrasi gempa bumi.
Sumber :
  • Istimewa

VIVA – Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika, Stasiun Geofisika Kelas I Stasiun Padang Panjang mencatat dua kali gempa bumi dengan magnitodo yang cukup besar, pada Sabtu 25 Juni 2022 dini hari tadi.

Jokowi Resmikan 147 Bangunan yang Direhabilitasi Pasca Gempa di Sulawesi Barat

Gempa bumi pertama, terjadi pada pukul 01.56 WIB dengan magnitude 4.9. Jenis gempa ini, merupakan gempa dangkal yang disebabkan aktivitas sesar Mentawai. Selain di Kabupaten Pesisir Selatan, gempa ini juga dirasa Sebagian warga di kota Padang. 

“Episenter gempa bumi ini, terletak pada koordinat 1.86 lintang selatan dan 100.36 bujur timur. Tepatnya, berlokasi di laut pada jarak 60 kilometer Barat Laut, Air Haji, Pesisir selatan,” kata Kepala Stasiun Geofisika Kelas I Padang Panjang, Suaidi Ahadi, Sabtu 25 Juni 2022.

Kloter Pertama Jemaah Haji Sumbar Terbang ke Tanah Suci 12 Mei 2024

Suaidi mengatakan, lindu yang terjadi akibat aktivitas sesar Mentawai ini tidak menimbulkan dampak kerusakan, maupun korban jiwa.

Lalu, gempa bumi kedua terjadi pada pukul 09.31 WIB dengan magnitude 4.0. Gempa ini, berpusat di 2.98 lintang selatan dan 100.85 bujur timur atau berjarak 51 kilometer timur laut Pulau Pagai Selatan, Kabupaten Kepulauan Mentawai dengan kedalaman 10 kilometer.

BMKG Sebut Gelombang hingga 2,5 Meter Bakal Terjadi di Perairan Indonesia, Ini Lokasinya

“Kita imbau masyarakat agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya,” tutup Suaidi Ahadi.

Ilustrasi - Hujan deras disertai angin kencang melanda wilayah Kota Kupang, NTT.

Hujan Sedang hingga Lebat Diperkirakan Guyur Sejumlah Daerah pada Hari Ini

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengingatkan risiko hujan sedang hingga lebat di sejumlah wilayah Indonesia pada Rabu.

img_title
VIVA.co.id
24 April 2024