Mengejutkan, Fosil Kerang Purba Jutaan Tahun Ditemukan di Sungai Jeram

Fosil ditemukan di Geopark Merangin, Jambi.
Fosil ditemukan di Geopark Merangin, Jambi.
Sumber :
  • VIVA/Syarifuddin

VIVA – Biasanya kerang laut hidup di laut, namun kali ini ada fosil kerang dan daun yang usianya ratusan juta tahun ditemukan di bebatuan pinggiran aliran sungai arung jeram, geopark Merangin, Jambi

Hal itu dikatakan, Kepala Bappeda Kabupaten Merangin, Agus Zainudin yang sekaligus General Menager geopark merangin, membenarkan ada fosil purba yang melekat dibebatuan aliran sungai arung jeram.

Menurut dia, fosil purba tersebut dapat wisatawan jumpai langsung saat berkunjung. Dan wisatawan dapat melihatnya tepatnya di desa air batu, Kabupaten Merangin, Jambi. 

Baca juga: Jeda Pelantikan Pemilu 2024 Buat Presiden yang Menjabat "Bebek Lumpuh"

"Seperti ada fosil kerang dan daun yang usianya mencapai ratusan juta tahun lalu," ujar Agus kepada media, Sabtu 25 Juni 2022. 

Agus menyebutkan, Geopark lahir dari kultur budaya dari alam Bumi Merangin, yang dikemas dalam satu paket taman bumi yang terdiri dari Geo dan City, payo city dan budaya dan dari keunggulan yang dimiliki. Maka geopark Merangin khusus di geologi. 

"Ada tiga sekmen pertama sekmen wilayah sungai manau dan sekitarnya, kemudian sekmen inti di air batu dengan fosilnya sangat luar biasa Fosil-fosil flaura Jambi yang berusia 300 juta tahun yang terdiri dari flaura dan geota laut lainnya seperti kerang dan lain lain serta mempunyai komplek gunung masurai," jelasnya.