Bareskrim Lepaskan Pimpinan Koperasi Simpan Pinjam Indosurya

Gedung Bareskrim Mabes Polri. (Foto ilustrasi).
Gedung Bareskrim Mabes Polri. (Foto ilustrasi).
Sumber :
  • VIVA.co.id/ Syaefullah.

VIVA – Tim Penyidik Direktorat Tindak Pidana Ekonomi Khusus Bareskrim Polri melepaskan Pendiri Koperasi Simpan Pinjam (KSP) Indosurya, Henry Surya dan Direktur Keuangan KSP Indosurya, June Indria. Sebab, masa tahanan yang bersangkutan sudah berakhir.

“Iya (dibebaskan dari Rumah Tahanan Bareskrim), masa tahanannya habis selama 120 hari,” kata Direktur Tindak Pidana Ekonomi Khusus Bareskrim Polri, Brigjen Whisnu Hermawan saat dikonfirmasi wartawan pada Minggu, 26 Juni 2022.

Ilustrasi tahanan diborgol.

Ilustrasi tahanan diborgol.

Photo :
  • ANTARA FOTO

Namun, Whisnu mengatakan status tersangka terhadap Henry dan June tidak dicabut karena perkara yang disangkakan kepada mereka masih tetap berjalan. Hanya saja, masa tahanan keduanya memang sudah habis sehingga harus dilepaskan.

“Bukan (dicabut status tersangkanya), masa tahan di Polri habis. Tetapi, perkaranya tetap lanjut dan terus sampai ke pengadilan,” jelas dia.

Saat ini, kata Whisnu, penyidik masih menunggu berkas perkara terhadap para tersangka dinyatakan lengkap oleh pihak Kejaksaan Agung. Sebenarnya, lanjut dia, Polri tidak ada kendala dalam memproses perkara ini.

“Tunggu dari jaksa, berkas perkaranya belum dibalikan dari jaksa ke Polri. Penyidik Polri tidak ada kendala, mungkin kendalanya ada di jaksa,” ujarnya.