6 Kebiasaan yang Dilarang di Masjid Nabawi bagi Jemaah Haji

Suasana di Masjid Nabawi, Madinah, Jumat 5 Juli 2019
Suasana di Masjid Nabawi, Madinah, Jumat 5 Juli 2019
Sumber :
  • MCH 2019/Darmawan

VIVA – Suatu tempat atau negara tentu memang memiliki budaya, kebiasaan dan aturan yang berbeda-beda. Sehingga penting bagi kita untuk mengetahui kebiasaan dari suatu tempat atau negara yang kita datangi. Termasuk kebiasaan bagi para jemaah haji Indonesia yang ada di tanah suci.

Pada beberapa waktu lalu jemaah haji Indonesia yang berasal dari Bekasi, Jawa Barat diketahui hampir ditangkap polisi Arab Saudi karena kedapatan sedang merokok di kawasan Masjid Nabawi. Padahal seperti yang diketahui bahwa ada larangan merokok di kawasan tersebut. 

Beruntung jemaah tersebut langsung dibantu oleh petugas perlindungan jemaah (Linjam) haji Indonesia dan lolos dari jeratan hukum yang berlaku di Arab Saudi. Lantas, apa saja kebiasaan yang dilarang selain merokok? Mengutip dari laman Kemenag, berikut ini kebiasaan yang dilarang di Arab Saudi, Makkah maupun Madinah, terutama di kawasan Masjid Nabawi.  

1. Merokok

Ilustrasi dilarang merokok

Ilustrasi dilarang merokok

Photo :
  • Freewallpaper

Seperti yang sudah dijelaskan bahwa aturan yang ada di kawasan Masjid Nabawi adalah adanya larangan merokok. Jadi, sebaiknya bagi yang merokok harus melakukannya di tempat yang jauh dari kawasan masjid. Sebab jika kedapatan merokok di kawasan masjid, maka akan langsung diberi peringatan dan bahkan  bisa ditahan dengan diproses hukum.

2. Membuat video dengan durasi terlalu lama