Nenek Mariyem Hilang Miterius di Sungai, Jejak Kaki Jadi Petunjuk

Tim SAR melakukan pencarian nenek Mariyem di Sungai Mungkung Sragen
Tim SAR melakukan pencarian nenek Mariyem di Sungai Mungkung Sragen
Sumber :
  • VIVA/Teguh Joko Sutrisno

VIVA – Mariyem (95) nenek asal Ngangin RT 03/06 Kelurahan Karangtengah, Kabupaten Sragen Jawa Tengah, hilang misterius diduga tenggelam di Sungai Mungkung sejak hari Sabtu, 25 Juni 2022. Hingga Senin, 27 Juni 2022, pencarian oleh tim SAR gabungan masih nihil. 

Kepala Kantor SAR Semarang Heru Suhartanto menceritakan kronologi kejadian berawal pada Sabtu (25/06) sekitar pukul 18.30 WIB, Sudarni mengunjungi rumah ibunya yaitu Mariyem. 

Saat itu kondisi lampu masih padam. Lalu ia segera menyalakan lampu lalu mencari ibunya, namun tidak ada di rumah. Tetangga sekitar juga membantu mencari hingga malam tidak ditemukan. 

Seorang tetangga lainnya mengungkapkan, ia sempat melihat nenek Mariyem memberi makan ayam di belakang rumah. Warga kemudian mendatangi lokasi dan menemukan jejak kaki mengarah ke sungai Mungkung.

"Diduga korban hanyut terbawa arus hingga tenggelam," jelas Heru.

Mendapat laporan peristiwa tersebut, Kantor SAR Semarang menugaskan tim SAR di Sragen untuk melakukan pencarian. Tim dibantu relawan dan petugas setempat.

"Operasi pencarian dan pertolongan dibagi menjadi 2 Search Rescue Unit atau SRU. Unit  1 melakukan susur sungai sampai 2 kilometer dari titik kejadian. Sedangkan unit 2 melakukan penyelaman di sekitar tempat kejadian," rincinya.

Beberapa kendala, lanjutnya, kondisi kedalaman sungai Mungkung kurang lebih 2 meter dan lebar mencapai 5 meter. Kemudian air keruh dan banyak tonggak pohon bambu.

"Ini menjadi kendala dalam pencarian semoga tim SAR gabungan diberi kemudahan dalam pencarian dan survivor cepat ditemukan," kata Heru.

Senin pagi ini upaya pencarian terus dilakukan dengan menyusur Sungai Mungkung Sragen.

Laporan: Teguh Joko Sutrisno