Saat Ganjar Pranowo Borong Baju Karya Siswa Sekolah

Gubernur Jateng Ganjar Pranowo menghadiri pembukaan Borobudur Student Festival
Sumber :
  • Istimewa

VIVA – Gubernur Jawa Tengah (Jateng) Ganjar Pranowo menghadiri pembukaan Borobudur Student Festival (BSF) di Canisio Art Center SD Kanisius Wanurejo, Magelang. Dalam kesempatan itu, Ganjar memborong baju karya siswa

Bangunan Sekolah di Kolaka Roboh Ditimpa Tanah Longsor, 2 Ruang Kelas Porak-Poranda

Ganjar mengatakan, karya anak bangsa harus mendapat apresiasi maksimal. Menurut Ganjar, caranya adalah dengan membelinya. 

"Itu karya dari anak-anak yang mereka juga fundrising dengan satu produk yang dilukis, ditulis, didesign sama mereka lalu dijual. Tentu saja ini bagian dari kalau anak berprestasi, kalau anak membuat, ya harus ada yang beli," kata Ganjar di lokasi, Senin, 27 Juni 2022.

Kronologi Penganiayaan Siswa SMPN 55 Barombong dan Penangkapan 4 Pelaku

Selain memborong baju, Ganjar juga menyapa sejumlah siswa sekolah yang hadir dalam pembukaan BSF. Mereka membawa karyanya masing-masing, seperti masker arang, keramik hias, hingga pengelolaan sampah. 

Ganjar mengatakan, festival seperti ini harus digelar di banyak tempat di seluruh Indonesia. Menurut Ganjar, festival siswa di berbagai tempat bisa menambah literasi anak bangsa. 

Ganjar-Mahfud Ngaku Tak Dapat Undangan Penetapan Prabowo-Gibran, KPU Bilang Begini

"Saya membayangkan kalau student festival ini kemudian bisa bergilir di banyak tempat seluruh Indonesia, maka akan piknik dan pikniknya jauh. Kalau pikniknya jauh, maka literasinya mesti banyak sekali," tuturnya.

"Bisa kenal antar suku berbeda, agama berbeda, dan kemudian seni budaya dan kulinernya berbeda wow itu akan mengasikan dan anak-anak kita akan merasa ya, Indonesia sangat kaya," imbuhnya. 

Ganjar pun mendorong event edukatif untuk anak seperti BSF terus digencarkan. Kata Ganjar, para guru di sekolah harus bisa memfasilitasinya. 

"Menurut saya ini improvisasi yang cukup bagus dan mesti dikembangkan. Guru-guru mesti fasilitasi," tuturnya.

Baca juga: Cara Relawan Milenial Kenalkan Sosok Ganjar ke Anak Muda

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya