Kabareskrim Perintahkan Anak Buah Tangkap Lagi Tersangka Kasus Ini

Kabareskrim Komjen Agus Andrianto
Kabareskrim Komjen Agus Andrianto
Sumber :
  • VIVA / Yeni Lestari

VIVA – Sebanyak dua tersangka kasus investasi Koprasi Simpan Pinjam (KSP) Indosurya, Henry Surya dan June Indri dibebaskan karena masa penahanannya telah habis. Kendati begitu, Bareskrim Polri menegaskan akan kembali meringkus keduanya.

Kabareskrim Polri, Komisaris Jenderal Polisi (Komjen Pol) Agus Andrianto menyatakan kedua tersangka akan ditangkap kembali berdasarkan dua laporan polisi terkait kasus investasi KSP Indosurya yang telah naik ke tingkat penyidikan.

"Kita melakukan upaya paksa lagi kepada para tersangka, melakukan penahanan, nanti kalau tidak P21 lagi kami akan tangkap lagi, tahan lagi dengan LP yang lain," ujar Agus dalam konferensi pers di Bareskrim Polri, Selasa, 28 Juni 2022.

Kabareskrim Komjen Agus dan Kavid Humas Polri Irjen Dedi

Kabareskrim Komjen Agus dan Kavid Humas Polri Irjen Dedi

Photo :
  • VIVA / Yeni Lestari

Agus menerangkan, sebelum kedua tersangka dibebaskan karena masa penahanan yang habis, pihaknya lebih dulu melakukan pencekalan terhadap keduanya ke luar negeri.

"Namun sebelum itu (pembebasan kedua tersangka), kita sudah perpanjang pencekalan yang bersangkutan sebelum ditangguhkan. Kemudian saya minta untuk LP yang belum dinaikan akan disatukan dan dinaikan ke penyidikan. Saya minta dilakukan upaya paksa kepada para pelaku," jelasnya.
 
Lebih jauh, Agus menjelaskan pihaknya mengalami hambatan dalam memenuhi petunjuk jaksa penuntut umum (JPU) untuk melengkapi berkas perkara. Maka dari itu, untuk proses penyidikan selanjutnya, penyidik akan memecah semua laporan polisi yang sebelumnya dijadikan satu.

Dalam kasus ini, penyidik Bareskrim Polri sebelumnya telah menggabungkan 25 laporan yang terdiri dari lima laporan di Bareskrim, 15 di Polda Metro Jaya, dua di Polda Sumsel dan tiga di Polda Sumut dengan total kerugian dalam Laporan Polisi sebesar Rp679 miliar.