KPK Tetapkan Tersangka Kasus Anggaran Bantuan Provinsi Jatim

Juru Bicara KPK, Ali Fikri
Sumber :
  • ANTARA

VIVA – Penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) terus mengusut kasus dugaan suap pengalokasian anggaran bantuan keuangan Provinsi Jawa Timur periode 2014-2018 untuk Kabupaten Tulungagung.

Dewas KPK Gelar Sidang Etik Nurul Ghufron 2 Mei terkait Dugaan Penyalahgunaan Wewenang

"KPK sedang melaksanakan penyidikan berupa pengumpulan alat bukti terkait dugaan suap pengalokasian anggaran bantuan keuangan provinsi Jawa Timur periode 2014-2018 untuk Kabupaten Tulungagung," kata Plt Juru Bicara KPK Ali Fikri, Selasa, 28 Juni 2022.

Ali menegaskan dalam kasus ini tim KPK sudah menetapkan tersangkanya. Hanya kata dia, saat ini, lembaga antirasuah belum sedia menjelaskan secara rinci kepada publik.

Pj Gubernur Sumsel Agus Fatoni Ungkap 2 Hal yang Dilakukan Guna Mencegah Korupsi

"Dalam penyidikan ini KPK telah menetapkan beberapa pihak sebagai tersangka," kata Ali.

Ali menambahkan, pengumuman nama tersangka sekaligus konstruksi perkaranya akan dilakukan saat upaya hukum seperti penangkapan atau penahanan. Ali menekankan hal itu merupakan kebijakan KPK.

Respons Albertina Ho Usai Dilaporkan ke Dewas oleh Pimpinan KPK

"Namun nanti saat upaya paksa penangkapan maupun penahanan, KPK akan mengumumkan pihak-pihak mana saja yang ditetapkan sebagai tersangka, termasuk konstruksi perkara dan pasal pidana yang disangkakan," kata Ali.

Menurut Ali, dalam proses penyidikan ini tim lembaga superbody sudah memeriksa beberapa saksi. Salah satunya dilakukan di Mapolres Tulungagung, Jawa Timur.

"Pemanggilan berbagai pihak sebagai saksi merupakan salah satu upaya pengumpulan alat bukti yang dilakukan oleh tim penyidik dan saat ini sedang berjalan," kata Ali.

Ali meminta masyarakat memahami kegiatan penyidikan KPK. Ali juga meminta masyarakat tak ragu memberikan informasi kepada KPK jika mengetahui kasus tersebut.

"KPK berharap dukungan masyarakat yang apabila memiliki berbagai informasi terkait perkara ini untuk segera dapat menyampaikan pada tim penyidik KPK untuk segera kami dalami info dimaksud," imbuhnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya