Soal Legalisasi Ganja untuk Kebutuhan Medis, Ini Kata Pengamat

Aksi Damai Legalkan Ganja Medis
Aksi Damai Legalkan Ganja Medis
Sumber :
  • Tangkapan Layar

VIVA – Pengamat Sosial Politik dari Centre for Indonesia Strategic Actions (CISA) Herry Mendrofa merespons pernyataan dari Wakil Presiden, Ma'aruf Amin soal MUI harus pertimbangkan ganja sebagai kebutuhan medis. Herry menilai rencana legalisasi ganja untuk kepentingan medis merupakan urgensi saat ini.

"Ya kita harus akui ganja merupakan urgensi dalam konteks kemajuan dunia medis. Artinya hal ini sudah harus dipikirkan bersama-sama sebagai sesuatu yang lazim," kata Herry Mendrofa dalam keterangan tertulisnya Kamis 30 Juni 2022.

Lanjut Herry, penggunaan ganja dalam dunia medis juga memerlukan kajian yang mendalam oleh pemerintah agar potensi penyalahgunaan dapat diminimalisasi.

Baca juga: Geger, Sandal yang Diduga Bom Ditemukan di Lapas Wanita Tangerang

"Maka yang perlu adalah kajian komprehensif dan dapat dipertanggungjawabkan secara ilmiah, saya kira akan sangat baik menekan potensi penyalahgunaan," ucap Herry.

Selain itu, Herry meminta pemerintah segera menerbitkan regulasi serta melakukan studi banding terhadap negara-negara yang memberlakukan ganja dalam penanganan medis.

"Di Asia tenggara kan ada Thailand, ya mungkin Indonesia bisa studi banding kesana dan setelah itu langkah selanjutnya yakni menerbitkan regulasi yang jelas," ujar Herry.