Gibran Bilang Dream Theater Konser di Solo untuk Pencinta Musik Keras

Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka bersama pendiri Rajawali Indonesia Anas Syahrul Alimi berbicara kepada pers tentang rencana penyelenggaraan konser Dream Theater di Solo dalam konferensi pers di Hotel Alila, Solo, Rabu, 29 Juni 2022.
Sumber :
  • VIVA/Fajar Sodiq

VIVA – Grup musik beraliran progressive metal, Dream Theater, dijadwalkan menggelar konser di Kota Solo, Jawa Tengah, pada 10 Agustus 2022. Rencananya konser di Solo yang menjadi rangkaian Top of The World Tour itu menyediakan sebanyak 10 ribu tiket.

Gibran Rakabuming Ikuti Arahan Prabowo Subianto Soal Pembatalan Aksi Damai di Gedung MK

Pendiri Rajawali Indonesia, Anas Syahrul Alimi, menceritakan bahwa konser Dream Theater di Solo menjadi konser pembuka dalam rangkaian Top of The World Tour di kawasan Asia. Rencananya, setelah dari Solo, grup band asal Amerika Serikat itu akan melanjutkan konser ke Jepang.

“Yang luar biasanya itu di Asia itu hanya di Indonesia, jadi Jepang itu setelah Indonesia. Hanya ada dua negara di Asia, ke Solo dulu, habis itu ke Jepang, dan balik lagi. Ini yang patut berbangga Dream Theater mau datang ke Solo,” katanya dalam konferensi bers bersama Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka di Hotel Alila Solo, Rabu, 29 Juni 2022.

Perolehan Suaranya 58,6 Persen, Prabowo Subianto: Itu Hasil Demokrasi dan Perjuangan

Anas mengungkapkan, sebelumnya Dream Theater telah dijadwakan untuk manggung di Ancol, Jakarta, pada 16 April 2020. Namun konser itu ditunda karena pemerintah mengumumkan kondisi pandemi COVID-19 di Indonesia, kemudian promotor menerima izin baru untuk konser itu dapat diselenggarakan pada 10 Agustus 2022.

Penampilan Memukau Dream Theater, Manjakan Penggemar

Photo :
  • VIVA.co.id/M Ali Wafa
100 Ribu Pendukung Prabowo-Gibran Bakal Demo di Gedung MK, Begini Pesan Cawapres Terpilih

Alasan dipilihnya Solo menjadi lokasi konser Dream Theater, menurut Anas, juga bukan perkara mudah. Ia pun mengaku perlu perjuangan berkomunikasi secara intensif untuk menyakinkan grup band tersebut agar mau menggelar konser di kota kelahiran Presiden Jokowi.

“Jadi kami ini penganut [pandangan] bahwa Indonesia itu bukan hanya Jakarta; Indonesia itu ada Yogyakarta, Solo, Malang, Surabaya, dan lainnya. Bagi kami, kota lain yang sudah punya infrastruktur cukup layak, ya, layak dikunjungi oleh artis-artis besar dunia,” ujarnya.

Mengenai penjualan tiket, Anas membocorkan bahwa penjualan tiket melalui Tiketapasaja.com akan mulai dijual pada 1 Juli 2022. Panitia penyelenggara telah menyediakan sebanyak 10 ribu tiket. Namun dari jumlah tersebut sekitar 3.000 penonton yang tidak melakukan refund tiket saat adanya pembatalan konser Dream Theater pada tahun 2020.

“Jadi kuota tiket yang nanti akan kita rilis ada di sekitar 6.000-7.000 tiket. Untuk tiket kategori Festival A harganya Rp1 juta dan kategori Fetival B seharga Rp750 ribu,” katanya.

Gibran Rakabuming Raka mengatakan penunjukan Solo menjadi lokasi konser grup band Dream Theater menjadi salah satu upaya untuk mempercepat pemulihan ekonomi kala pandemi COVID-19. Ia pun berharap konser tersebut dapat menghibur para pecinta musik keras di Tanah Air.

“Kami sambut baik terutatama event internasional seperti ini yang ada di Solo. Ini juga untuk mengobati rasa kangen anak muda di Solo yang mencintai musik keras. Kemarin sempat ada rangkaian Rock In Solo tapi kan masih terbatas,” ujarnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya