Jelang Puncak Haji, Jamaah dan PPIH Diminta Bersiap

Kota Suci Mekkah.
Kota Suci Mekkah.
Sumber :
  • GoNews India

VIVA – Saat ini, para jemaah haji sedang bersiap untuk puncak haji 2022 yang akan dimulai saat wukuf di Arafah pada tanggal 9 Dzulhijjah 1443 H atau 8 Juli 2022. 

8 hari sebelum puncak haji tiba, aktivitas ibadah di Masjidil Haram pun semakin padat. Kurang lebih, 80.000 jemaah haji Indonesia sudah tiba di Mekkah, Arab Saudi. 

Jelang puncak haji, pihak Panitia Penyelenggara Ibadah Haji atau PPIH sedang mempersiapkan kematangan puncak haji. Tim PPIH membagi petugas haji menjadi 3 kelompok, agar pergerakan jemaah tetap terpantau saat nanti jamaah haji melakukan wukuf di Arafah, bermalam di Muzdalifah, hingga melempar Jumrah di Mina.

Selain persiapan oleh tim PPIH, himbauan persiapan juga digaungkan bagi para jemaah. Hal ini disampaikan oleh Kepala Pusat Kesehatan Haji Kementerian Kesehatan RI, Budi Sylvana yang mengatakan, saat ini jamaah tengah memasuki periode kritis haji.

"Kami minta jamaah paling tidak tiga hari menjelang Armuzna perbanyak istirahat di hotel. Karena apa? Tubuh butuh istirahat dulu sebelum memasuki Armuzna," kata Budi di Mekkah, Rabu 29 Juni 2022. 

Budi juga meningatkan untuk banyak minum karena udara ketika di Armuzna akan panas "Perbanyak minum jangan tunggu haus. gunakan alat pelindung diri seperti payung, pelembab agar terjaga. Pakai kacamata biar mata tetap sehat," katanya.

Peziarah mengunjungi bukit Jabal Rahmah di kawasan Padang Arafah, Makkah Al Mukarramah, Arab Saudi, Sabtu, 4 Mei 2019.

Peziarah mengunjungi bukit Jabal Rahmah di kawasan Padang Arafah, Makkah Al Mukarramah, Arab Saudi, Sabtu, 4 Mei 2019.

Photo :
  • ANTARA FOTO/Aji Styawan