Berfoto Mesra dengan Polwan Cantik, Kapolres Maluku Tengah Dicopot

Plh Kabid Humas Polda Maluku, Kombes Pol Denny Abraham
Plh Kabid Humas Polda Maluku, Kombes Pol Denny Abraham
Sumber :
  • ANTARA/HO-Polda Maluku

VIVA – Kepala Kepolisian Resort (Kapolres) Maluku Tengah, AKBP Abdul Gafur baru saja dicopot dari jabatannya. Perwira menengah itu dicopot oleh Polda Maluku Tengah setelah setelah dilakukan sidang etik terkait foto mesra dengan polwan berinisial Briptu OJM.

Plh Kepala Bidang Hubungan Masyarakat (Kabid Humas) Polda Maluku Kombes Pol Denni Abrahams mengatakan, pencopotan terhadap AKBP Abdul Gafur dilakukan berawal laporan istri AKBP Abdul Gafur terkait foto mesra suaminya dengan seorang polwan.

"Iya benar, yang bersangkutan dicopot dari jabatannya sesuai hasil putusan sidang di Propam," ujar Denni saat dimintai konfirmasi, Jumat 01 Juli 2022.

Dia menjelaskan, bahwa alasan pencopotan jabatan Gafur karena melakukan perbuatan tidak menyenangkan. Perbuatan tidak menyenangkan yang dimaksud yakni membuat istri sahnya sendiri merasa tidak enak. Sang istri lantas memutuskan mengambil tindakan dengan melaporkan AKBP Gafur ke Propam Polda Maluku.

“Jadi ini sebenarnya kasus perbuatan tidak menyenangkan terhadap istri yang bersangkutan. Makanya langsung dilaporkan ke Propam seperti itu," tegas Denni.

Adapun sanksi dari buntut pelaporan itu, AKBP Gafur telah menjalani sidang kode etik oleh jajaran Bidang Propam Polda Maluku. Sidang itu menghasilkan keputusan untuk melakukan mutasi.

"Jadi sidang sudah dilakukan. Dan hasilnya dicopot lalu di mutasi," katanya.